Pasukan Pendarat Korps Marinir Berhasil Hancurkan Musuh Di Pantai Banongan

JurnalPatroliNews – Situbondo – TNI Angkatan Laut melaksanakan Operasi Pendaratan Amfibi dengan mendaratkan ratusan pasukan pendarat Korps Marinir yang dimuat melalui KRI Surabaya-591 dan KRI Teluk Banten-516. Serbuan tersebut merupakan fase puncak pelaksanaan Manuver Lapangan (Manlap) Latihan Armada Jaya XLI TA 2023, pada Sabtu, (01/07/2023), di Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur.

Pada Operasi kali ini, pasukan amfibi TNI AL berhasil menghancurkan lawan yang diskenariokan telah menguasai wilayah tersebut, dengan mengerahkan unsur darat TNI AL yaitu, 39 kendaraan tempur (Ranpur), 40 unit kendaraan taktis (Rantis) dan 20 unit Alat Apung (Alpung) Korps Marinir.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar), Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr. (Han) menyaksikan secara langsung latihan tersebut dari menara tinjau Puslatpurmar 5 Baluran.

Pada akhir puncak latihan kali ini, Kasal di damping Dankormar berkesempatan memberikan arahan kepada seluruh Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang telah melaksanakan latihan. Dalam arahannya Kasal menyampaikan bahwa, tetap jaga kesehatan fisik dan mental, karena kedepan kita akan dihadapkan dengan latihan yang lebih besar lagi, yaitu Latihan Gabungan TNI, serta Super Garuda Seal yang akan diikuti oleh militer dari negara lain.

“Nantinya kita akan diuji pada tingkat latihan yang lebih atas lagi, yaitu Latihan Gabungan TNI yang menguji Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara dalam satu tujuan operasi, serta tidak menutup kemungkinan Presiden RI akan hadir. Tunjukkan kebanggaan Marinir, Presiden RI sangat bangga terhadap Korps Marinir,” tegas Kasal dalam arahannya.

Turut hadir pada acara, Para Pejabat Utama Mabesal, Para pejabat Pangkotama TNI AL, sert Para Pejabat Utama Mako Kormar

Komentar