Peduli Potensi Wilayah, Dandim 1610/Klungkung Sambangi Pengolahan Rumput Laut

JurnalPatroliNews – Klungkung – Selain memastikan kondusifitas wilayahnya tetap terjaga dengan baik, perhatian Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, S. Ag., M. Tr. (Han) juga sangat perhatian dan peduli terhadap berbagai potensi yang ada di wilayah teritorialnya.

Hal ini terlihat ketika pucuk pimpinan di Kodim Klungkung ini berkunjung ke pabrik rumput laut yang berlokasi di Desa Jumpai, pada Minggu (29/1/2023) kemarin.

Kunjungan Dandim Klungkung inipun disambut hangat dan bahagia oleh Bapak Fandy Winyoto yang merupakan pemilik pabrik rumput laut. Disamping diajak berkeliling di area pabriknya, Dandim Klungkung juga di perkenalkan proses pengolahan rumput laut dari bahan mentah sampai bahan yang sudah jadi di giling dan siap untuk di pasarkan.

Pak Fandy juga menerangkan bahwa pabrik rumput laut ini adalah satu-satunya di Klungkung, dimana usaha ini dirintis dari kecil dan sudah beroperasi sejak tahun 1995. “Ya, namanya usaha pasti ada pasang surutnya, apalagi terjangan pandemi juga berdampak pada penurunan omset. Namun kami bersyukur sejak mulai berdiri sampai dengan saat ini belum pernah PHK karyawan yang sampai saat ini berjumlah 70 orang dan memberikan gaji sesuai dengan UMR,” jelas Pak Fandy.

Menurutnya, keberadaan perusahaan ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat disekitarnya. Selain area Bali, adapun pemasaran hasil olahan rumput laut ini juga dikirim ke Surabaya bahkan sampai ke luar negeri.

Sementara itu, Dandim Klungkung Letkol Inf Armen, S. Ag., M. Tr. (Han) mengatakan disamping sebagai ajang silahturahmi, kehadirannya di pabrik ini sebagai wujud perhatiannya terhadap potensi di wilayah. “Adanya pabrik pengolahan rumput laut ini tentunya sangat membantu perekonomian di wilayah, pasalnya hampir seluruh pekerja disini adalah warga desa Jumpai, sehingga pabrik ini sangat menopang perekonomian warga setempat,” terangnya.

Jadi hari ini sembari melaksanakan pemantauan wilayah, dirinya bertemu dengan Pak Fendy untuk silahturahmi dan melihat secara langsung pengolahan rumput laut, sekaligus memberikan dorongan semangat serta memotivasi untuk terus mengembangkan dan meningkatkan produksinya. “Sebagai pabrik rumput laut satu-satunya yang ada di Klungkung, tentunya tidak hanya dapat membantu perekonomian warga setempat semata, namun juga berdampak positif bagi para petani rumput laut yang ada di Nusa Penida dalam memasarkan rumput lautnya,” pungkas Dandim. (Kodim 1610/Klungkung)

Komentar