Sadar Akan Pentingnya Kesehatan Warga, Satgas Yonif 310/KK Lakukan Rapid Diagnostic Test (RDP) Malaria Bagi Masyarakat Perbatasan

JurnalPatroliNews – Keerom,- Dalam rangka mendeteksi secara dini penyakit malaria di daerah endemis malaria, Pos Unggalom Satgas Yonif 310/KK lakukan Rpaid Diasnostic Test (RDP) malaria kepada warga Kampung Unggalom di Distrik Web, Kabupaten Keerom, Sabtu (10/2/2024).

Hal ini dikatakan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang.

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan tersebut merupakan upaya dalam rangka mendeteksi secara dini penyakit malaria di daerah endemis malaria. Screening malaria merupakan suatu usaha untuk mencari dan menemukan penyakit malaria dengan melakukan beberapa test.

“Malaria merupakan penyakit yang berbahaya, tingkat penularannya yang melalui nyamuk cukup tinggi di daerah endemis malaria, maka dari itu kegiatan ini perlu dilakukan secara rutin,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan, ini merupakan bentuk kepedulian dan wujud bakti Satgas Yonif 310/KK untuk masyarakat Papua guna membantu meringankan masalah pengobatan dan sarana prasarana kesehatan yang terbatas di Perbatasan.

Sementara itu, Danpos Unggalom Sersan Mayor Agus Sopian menambahkan selain melakukan Rapid Diagnostic Test Malaria, Tim Kesehatan Satgas pun memberikan konseling tentang perlunya dilakukan pembuatan saluran air, pembersihan semak-semak di pekarangan rumah dan menjauhkan kandang hewan dengan rumah, dengan menitik beratkan kepada faktor lingkungan. Jika lingkungan terjaga kebersihanya malaria tidak akan mudah menyebar.

“Hasil pemeriksaan 15 warga didapatkan hasil yang negatif, tapi tidak menutup kemungkinan adanya bahaya penyakit malaria bagi masyarakat setempat,” tambah Danpos.

Disisi lain, Frans (30) salah satu warga Kampung Unggalom mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 310/KK yang telah melakukan Sosialisasi pencegahan penyakit malaria dari rumah kerumah guna memberantas dan mencegah perkembangan malaria di Kampung Unggalom.

“Saya mewakili masyarakat berterima kasih kepada personil Satgas yang telah mensosialisasikan pencegahan penyakit malaria serta pemeriksaan kondisi kesehatan warga,” ucap Frans.

Komentar