TNI AL Berhasil Raih Juara Cyberdrill Antar Kementerian Dan Lembaga Pemerintah Pusat

JurnalPatroliNews – Jakarta,- TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Satuan Siber TNI AL (Satsiberal) berhasil meraih juara 1 dalam rangka kegiatan Cyberdrill Kesiapsiagaan Penanganan Insiden sektor Pemerintah Pusat di Yogyakarta, Senin kemarin (13/05).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ini bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) pada sektor pemerintah pusat dalam menanggapi dan merespon insiden siber yaitu, multi vector attack dan cyber emerging threat.

Kegiatan Cyberdrill yang diikuti oleh 99 Kementerian/Lembaga dibagi menjadi 3 batch berdasarkan tingkat maturitas dalam hal penanganan insiden siber. Satsiberal termasuk dalam Batch 1 bersama dengan tim CSIRT Kementerian/Lembaga yang memiliki Level Maturitas 5 (Optimal) dalam Respon dan Penanganan Insiden Siber.

Cyberdrill dilaksanakan dengan mekanisme Jeopardy Capture The Flag yang berfokus pada proses penanganan insiden siber. Posisi juara 2 diperoleh oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan juara 3 diperoleh oleh Kemenkominfo RI.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam berbagai kesempatan menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan dan menjaga nama baik TNI AL di kancah nasional maupun internasional.

Komentar