Wadan Kormar Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke 78 Republik Indonesia

JurnalPatroliNews – Jakarta – TNI Angkatan Laut Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 78 Republik Indonesia (RI) Tahun 2023, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan., S.E., M.M., CHRMP., pimpin Upacara Peringatan HUT RI bertempat di Lapangan Apel Brigif 1 Marinir Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Kamis, (17/08/2023).

Upacara tersebut diawali dengan laporan Komandan Upacara (Danup) Mayor Marinir Hayat Tegar kepada Inspektur Upacara (Irup), pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Naskah Poklamasi, Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Pembacaan Doa, Andhika Bhayangkari dan ditutup dengan penghormatan.

Kegiatan upacara HUT Ke 78 Kemerdekaan RI kali ini dipimpin langsung oleh Wadan Kormar yang diikuti oleh segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Korps Marinir Wilayah Barat dengan mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Wadan Kormar, “Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ini pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pejuang, pendiri Republik ini, para pahlawan sejati, yang telah memberikan segala-segalanya melampaui dari apa yang seharusnya diberikan. Oleh sebab itu sebagai generasi penerus, wujud penghormatan dan penghargaan yang paling mulia yang harus kita berikan adalah mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan serta melanjutkannya untuk mengisi kemerdekaan”.

Lebih lanjut beliau mengatakan, “TNI sebagai garda terdepan dan sekaligus sebagai benteng terakhir Bangsa, akan dituntut menjunjung tinggi komitmen untuk selalu membela kepentingan dan hak masyarakat luas. Untuk itu amalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI sebagai komitmen moral Prajurit dalam membantu meringankan kesulitan masyarakat dii sekelilingnnya. Jadilah Prajurit yang patriotik yang kehadirannya merupakan bagian penting bagi eksistensi NKRI “.

Hadir dalam upacara peringatan tersebut, Irkormar Brigjen TNI (Mar) Cecep Ruhiat, Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, para Pejabat Utama Korps Marinir dan Pasmar 1 serta Dankolak Kormar wilayah Jakarta.

Komentar