Wakilnya Jenderal Dudung, Pengamat: KSAL  Yudo Margono Berpeluang Besar Jadi Panglima TNI, Ini Alasannya…! 

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pengamat Militer dan Pertahanan Keamanan Connie Rahakundini Bakrie meyakini Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjadi calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

 Connie merespons kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan Surat Presiden (Surpres) pergantian Panglima TNI ke DPR hari ini. 

“Sudah. Sudah (tahu) dong (surpres dikirim ke DPR hari ini),” kata Connie melalui keterangan tertulisnya, Rabu (23/11/2022). “Pak Yudo lah (calon Panglima TNI). Iya menurut aku Pak Yudo,” sambungnya.

Connie menjelaskan, Yudo memiliki peluang yang cukup besar karena sejalan dengan cita-cita Presiden Jokowi membangun poros maritim.

 “Karena gini, ini supaya menjadi legacy Pak Jokowi. Karena nawacita beliau kan ingin menuju ke poros maritim dunia. Kalau mau AD lagi ya nantilah 2024,” katanya.

Menurut Connie, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman cocok menjadi Wakil Panglima TNI. “Wakil panglima Dudung,” ucapnya. 

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjelaskan bahwa dipercepatnya pengiriman surpres tersebut karena DPR akan menjalankan reses beberapa waktu ke depan. 

“Surpres pergantian Panglima TNI itu kita akan reses juga dalam beberapa waktu ke depan akan resesi DPR kita sudah menghitung bahwa pada hari ini akan dikirim kepada DPR surpresnya,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Komentar