Yonmarhanlan IX Bersama Lantamal IX Dan Instansi Maritim Tanam Bibit Bakau

JurnalPatroliNews – Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T., M.M. membuka kegiatan Penanaman 2.000 bibit Bakau bersama Danyonmarhanlan IX Letkol Marinir Syahrial Isnadie dan instansi Maritim dengan tujuan memulihkan kelestarian lingkungan di Teluk Ambon. Selasa(07/07 2020).

Sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan, banyak cara bisa dilakukan, misalnya melalui penanaman pohon. Sebuah pengalaman menyenangkan bisa terasa ketika turut berkontribusi nyata melalui kegiatan positif yang berorientasi pada pemberdayaan lingkungan.

Salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan adalah dengan ikut serta dalam penanaman tanaman bakau atau yang sering disebut juga mangrove. Keberadaan ekosistem mangrove terbilang cukup penting khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan terhadap resiko bencana maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata.

Dalam sambutannya Danlantamal IX menyampaikan bahwa tanaman bakau berfungsi sebagai pencegah abrasi dan erosi (Pengikisan tanah) di kawasan pantai. Ekosistem mangrove juga menjadi tempat hidup biota laut dan satwa-satwa di sekitar area itu. Saat ini sudah banyak lembaga dan elemen masyarakat yang turut serta dalam kegiatan menanam mangrove, tujuannya tak lain untuk memperbaiki lahan dan wilayah kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali.

Kegiatan penanaman pohon bakau yang dilaksanakan hari ini merupakan program yang berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem pesisir laut dalam upaya mengintegrasi pembangunan sektoral dengan daya dukung lingkungan hidup. Hal ini merupakan wujud pengabdian Lantamal IX terhadap Masyarakat, Bangsa dan Negara.

AdapunInstansi yang hadir dalam kegiatan penanaman 2.000 bibit bakau diantaranyaadalah Guspurla Koarmada III, Kamla Zona Timur, KSOP Ambon, Danyonmarhanlan IX, Pelabuhan PerikananNusantara, Cabang ASDP, Dinas Navigasi Kelas 1, Kanwil Bea dan Cukai, SAR Ambon, DKP Kota Ambon, Balai PerikananBudidaya Laut, PSDK Prov Mluku, BAPDASHL Ambon, Dinas Lingkungan hidup, Polairud Polda Maluku, Kwarda GerakanPramuka Provinsi Maluku dan Korcab IX DJA III. (DISPEN KORMAR AMBON)

 

Komentar