Minggu, 18 Agustus 2019 12:26 WIB

PUSPEN TNI

HUT Ke-74 Republik Indonesia, Kasau Apresiasi Tinggi Tim Flypast “Merah Putih Flight”.

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
HUT Ke-74 Republik Indonesia, Kasau Apresiasi Tinggi Tim Flypast “Merah Putih Flight”. Foto : Ist

Jurnalpatrolinews - TNI AU,  Setelah menunaikan tugasnya dengan sangat baik, Tim Flypast “Merah Putih Flight” TNI AU mendapatkan apresiasi tinggi dan ucapan terima kasih dari Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna di Markas Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (17/82019).

Kasau yang didampingi Ketua Umun Pia Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna langsung menuju Lanud Halim Perdanakusuma untuk menemui Tim Flypast TNI AU selepas mengikuti rangkaian kegiatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2019 di Istana Merdeka.

“Terima kasih dan saya sangat mengapresiasi penampilan kalian hari ini. Tingkatkan terus jiwa profesional, militan, dan inovasi dalam diri masing-masing seperti yang kalian tampilkan hari ini di atas Istana Merdeka kepada seluruh bangsa Indonesia dan dunia. Jangan cepat berpuas diri atas hasil baik yang telah diraih namun jadikan pijakan untuk menggapai prestasi-prestasi yang membanggakan TNI AU lainnya di masa yang akan datang.” ujar Kasau.

Tim “Merah Putih Flight” yang terdiri dari 6 unit pesawat tempur T50i Golden Eagle sebagai Merah Flight dan 8 unit F16 Fighting Falcon sebagai Putih Flight melaksanakan terbang lintas (flypast) di atas Istana Merdeka Jakarta pada rangkaian upacara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia. Mereka berasal dari Skadron Udara 3 dan 15 Wing Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun serta Skadron Udara 16 Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Tantangan terbesar dalam terbang formasi pesawat tempur dalam jarak dekat yakni mempertahankan kecepatan dan ketinggian yang sinkron dengan pemimpin penerbangan (flight leader). Mereka juga harus memperhitungkan waktu dengan cermat sehingga memutuskan kapan harus meninggalkan titik menunggu (holding point) sehingga tepat melintas di atas Istana Merdeka sesaat setelah flight leader mengucapkan salam dari kokpit pesawat tempur.

“Semua hitungannya hanya detik, tidak ada menit. Maju dan mundurnya TOT (time over target) sangat tergantung dari dinamika di lapangan. Meskipun telah beberapa kali digeladikan namun tetap terbuka kemungkinan waktu sekian detik berubah pada hari H,” kata Mayor Pnb Dharma “Rottweil” Gultom, flight leader “Merah Putih Flight”.

Turut hadir Pangkoopsau l Marsda TNI Fadjar Prasetyo, Wakil Asisten Operasi Kasau Marsma TNI Bowo Budiarto, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, Paban ll/Ops Sopsau Kolonel Pnb Djoko Hadi Purwanto, dan seluruh prajurit TNI AU yang terlibat kegiatan flypast. 


KOMENTAR