Rabu, 17 Juli 2019 23:33 WIB

PUSPEN TNI

Laksdya Bakamla A. Taufiq R. Temui Admiral Schultz, Komandan USCG

Beno - jurnalpatrolinews
Laksdya Bakamla A. Taufiq R. Temui Admiral Schultz, Komandan USCG Foto : Humas Bakamla
JurnalPatroliNews - Washington DC, -- Delegasi Bakamla/Indonesian Coast Guard (IDNCG) yang dipimpin oleh Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R. melakukan rangkaian kunjungan kenegaraan ke Washington DC, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu. 
 
Kunjungan ke Washington DC tidaklah lengkap kalau belum menyambangi Markas Besar United States Coast Guard (USCG). Laksdya Taufiq disambut dengan jajar kehormatan dan diterima oleh Komandan USCG Admiral Karl L. Schultz, beserta jajaran pejabat dan perwira USCG.
 
Pertemuan Laksdya Taufiq dengan Admiral Schlutz diwarnai dengan pembahasan tentang kerja sama yang telah terjalin antar kedua belah pihak sejak tahun 2017. Lebih lanjut, rencana kerja sama yang akan dilaksanakan di masa mendatang turut dibicarakan. Kerja sama tersebut antara lain : peningkatan kapasitas melalui pelatihan yang telah berjalan hingga saat ini, berbagi informasi, dan rencana pembangunan fasilitas Bakamla di masa mendatang.
 
Tidak tanggung-tanggung, diplomasi maritim yang dilakukan Laksdya Taufiq ke petinggi USCG turut menyampaikan hal-hal esensial sebagai berikut: 1. Counterpart yang memangku fungsi Coast Guard di Indonesia adalah Bakamla/IDNCG; 2. Dalam kaitannya Bakamla/IDNCG sebagai institusi operasional, senantiasa menghindari miskalkulasi di laut. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu hubungan baik antar negara; 3. Saling menjaga kawasan, agar menjadi kawasan yang damai, stabil, dan netral.
 
Menyambut baik hal itu, Admiral Schultz menyampaikan pentingnya bagi Indonesia memiliki Coast Guard yang kuat dalam rangka memastikan keamanan dan keselamatan laut nasional. Tidak hanya itu, keberadan Coast Guard di Indonesia juga berfungsi untuk menjaga terciptanya kebebasan dan keterbukaan Indo-Pasifik. Maka dari itu, USCG senantiasa mendukung dengan segala upaya pengembangan yang akan dilakukan oleh Bakamla/IDNCG.
 
Kunjungan selanjutnya adalah ke Office of Naval Intelligence (ONI) yang diterima langsung oleh Commander Office of Naval Intelligence. Pada pertemuan ini, Laksdya Taufiq menyampaikan secara singkat pentingnya berbagi informasi khususnya di bidang kemaritiman. Selanjutnya, Delegasi Bakamla/IDNCG mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi fasilitas ONI. 
 
Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah mengunjungi Kantor International Narcotics and Law Enforcement (INL) di US Department. Pada kunjungan ini Laksdya Taufiq diterima oleh Deputy Assistant Secretary INL Jorgan Andrews, didampingi oleh beberapa staf dan juga perwakilan INL dari Kedutaan Besar Amerika di Jakarta. Kunjungan ini membahas tentang rencana kerja sama dalam bentuk Letter of Arrangement on Maritime Law Enforcement Cooperation. Perjanjian ini rencananya akan ditanda tangani oleh kedua instansi yang mencakup rencana bantuan pembangunan Fusion Center Bakamla/IDNCG di Markas Besar Bakamla/IDNCG. Hal ini dilakukan untuk membentuk Bakamla/IDNCG menjadi Coast Guard yang profesional dalam menjamin keamanan dan keselamatan laut, tidak hanya di perairan yurisdiksi nasional namun juga di kawasan.
 
Selain itu, Laksdya Taufiq beserta delegasi juga mengunjungi Panglima Armada Pasifik di Hawaii. Dalam kunjungan ini, Panglima Armada Pasifik menyatakan mendukung penuh  operasi dan pembangunan kekuatan dalam bentuk pengembangan doktrin, dan konsep operasi (konop).
 
Kerja sama lebih lanjut ditunjukkan dengan pertukaran data intelijen, dan pelatihan dengan memanfaatkan private call kepada Komandan Marine Corps Forces Pacific Letjen Lewis Craparotta.
 
Sebelumnya, dalam memenuhi undangan dari Komandan USCG, kunjungan Delegasi Bakamla yang dipimpin oleh Laksdya Taufiq diawali dengan kunjungan di Pusat Pelatihan USCG, Yorktown, Virginia. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, dan latihan antara Bakamla RI dan USCG.
 
Dalam rangkaian kunjungan ini, Laksdya Taufiq didampingi oleh benerapa pejabat Bakamla, antara lain Plt. Deputi Kebijakan dan Strategi Laksma Bakamla Hariadi; Direktur Strategi Laksma Bakamla Sandy M. Latief; Direktur Latihan Laksma Bakamla Yeheskiel Katiandhago, S.E., M.M.; Plh. Direktur Kerja Sama Kolonel Bakamla Salim; Atase Laut untuk KBRI Washington DC Kolonel Marinir Irdyansyah N. Yunior Ayuba; Kasubdit Hukum Internasional dan PUU Letkol Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R.; Spri Kepala Bakamla Mayor Bakamla Lisa Yunisyanti; Staf Kerja Sama Luar Negeri Serka Bakamla Welny Septiana; dan  Perwakilan Direktorat Amerika 1 Kemenlu RI Bonar Simeon Bintang.


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028