Selasa, 14 Januari 2020 22:13 WIB

PUSPEN TNI

Peringati Hari Dharma Samudra, Prajurit Yonmarhanlan V Kunjungi Monkasel Surabaya

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Peringati Hari Dharma Samudra, Prajurit Yonmarhanlan V Kunjungi Monkasel Surabaya Foto : Ist

JurnalPatroliNews - TNI AL,-- Memperingati Hari Dharma Samudra yang jatuh setiap tanggal 15 Januari, prajurit Marinir dari Batalyon Marinir pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V Surabaa  mengunjungi Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya pada hari Senin (14/1/2020). Selain untuk memperingati Hari Dharma Samudra, Kunjungan ini juga dilakukan untuk mengingat kembali sejarah Kapal Selam KRI Pasopati 410, yang dulu pernah ikut terlibat dalam operasi pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda kala itu.

Suasana tempo dulu terasa sejak memasuki pintu pagar monumen yang terletak di tengah Kota Surabaya, yang semakin memperkuat posisi Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

Kunjungan diawali dengan memasuki badan kapal selam Pasopati 410. Para prajurit Yonmarhanlan V mendapat penjelasan tentang seluk beluk kapal selam, fungsi dan kondisi di dalam kapal,dari Kabagops Monkasel Serma Laut Wagino

Acara berlanjut dengan memasuki satu per satu ruang di dalam Kapal Selam Pasopati, diantaranya ruang torpedo haluan, lounge room Perwira, ruang Pusat Informasi Tempur dan lain-lain. Sambil memasuki ruangan-ruangan tersebut, para prajurit mendapat penjelasan tentang fasilitas yang ada.

Di akhir kunjungan para prajurit menyaksikan video tentang sejarah singkat Kapal Selam Pasopati dan kelautan. "Dari film ini, diharapkan sebagai generasi penerus bangsa tidak lupa akan kodratnya sebagai bangsa bahari, serta mampu menghargai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan negara tercinta kita.


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028