Minggu, 04 November 2018 22:15 WIB

PUSPEN TNI

TNI AL Berhasil Temukan Turbin Jet Lion Air JT-610

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
TNI AL Berhasil Temukan Turbin Jet Lion Air JT-610 Foto : Ist

Jurnalpatrolinews - TNI AL,  Jakarta Tim SAR TNI Angkatan Laut berhasil menemukan Turbin Jet Lion Air PK-LQP dari dasar laut perairan Tanjung Pakis, Karawang. Penyelam TNI AL yang berhasil menemukan Turbin Jet Pesawat tersebut yakni dari satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) Koarmada I serta dibantu dengan para penyelam TNI AL dari Dislambair.

Turbin Pesawat kemudian dievakuasi dengan menggunakan Landing Craft Utility (LCU) dari KRI Banda Aceh-593 dengan cara diangkat menggunakan crane dan diletakkan di tengah lokasi pengumpulan barang hasil evakuasi tim SAR, untuk selanjutnya diperiksa lebih lanjut oleh Tim KNKT di JICT Tanjung Priok Jakarta Utara, Minggu (04/11).

Menurut Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada-I Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto, kerangka turbin pesawat tersebut,  ditemukan pada hari Jumat lalu pukul 16.40 WIB di kedalaman 32 meter di perairan Tanjung Pakis Karawang.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pengangkatan Turbin dari laut ini menggunakan balon udara yang diisi dengan kompresor yang mampu mengangkat benda dengan berat hingga 8 ton agar bisa mengangkat turbin ke permukaan air.

Sementara pitu pada hari yang sama, minggu sore (4/11), penyelam TNI AL menemukan Emergency Locator Tranmit (ELT), Direction Flight dan mengangkat roda depan PST Lion serta jenazah korban yang kemudian dibawa oleh Basarnas yaitu sebanyak 31 kantung jenazah dan saat ini sedang dilakukannya identifikasi oleh Tim DVI Polri.

Selanjutnya unsur-unsur dan personel TNI AL yang tergabung dalam SAR  Basarnas, akan melanjutkan proses pencarian dan evakuasi korban selama tiga hari kedepan terhitung mulai tanggal 5 November, sesuai instruksi yang disampaikan Kabasarnas Marsekal Madya  TNI M.  Syaugi.


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028