Rabu, 22 Mei 2019 12:31 WIB

PUSPEN TNI

TNI-Tentara Malaysia Kerja Sama Amankan Perbatasan Kalimantan

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
TNI-Tentara Malaysia Kerja Sama Amankan Perbatasan Kalimantan Foto : Ist

Jurnalpatrolinews - TNI,  Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Briged Tentara Diraja Malaysia (TDM) melaksanakan kegiatan UCM Unit Commander Meeting antara Delegasi melalui Korem 091/Aji Surya Natakesuama (ASN) Samarinda, Kalimantan Timur, dengan 5 Briged Malaysia bertempat di Markas 5 Briged Kem Lok Kawi di Kota Kinabalu Malaysia.

"Kerja sama ini merupakan bagian dari penyelenggaraan Unit Commander Meeting (UCM) antara Indonesia dan Malaysia karena kita bertetangga, sehingga ada kawasan perbatasan yang harus dijaga," ujar Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy.

Kegiatan UCM merupakan tindak lanjut dari kerja sama TNI dan TDM yang menjadi program tahunan. UCM 2019, Malaysia sebagai tuan rumah, yang membahas tentang patok-patok di perbatasan baik perbatasan darat maupun perairan, sehingga dua negara lebih erat dengan patroli perbatasan bersama demi kondisi perbatasan kondusif", jelasnya.

"Kita memiliki pos perbatasan, begitu pula dengan Malaysia, hasil pembahasan dalam pertemuan dan koordinasi di Kota Kinabalu Malaysia, selain sepakat menjaga perbatasan bersama juga dibahas mengenai sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama antara TNI dan TDM, kegiatan yang bisa dilakukan bersama tersebut antara lain patroli terkoordinasi, olah raga bersama, maupun kegiatan lain yang dapat dilakukan antara TNI dan TDM di kawasan perbatasan", tambahnya.


KOMENTAR