Jumat, 12 April 2019 22:56 WIB

RAKET

Anthony Ginting Melaju ke Semifinal Singapore Open 2019

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Anthony Ginting Melaju ke Semifinal Singapore Open 2019 Foto : Anthony Sinisuka Ginting

JURNALPATROLINEWS – Anthony Sinisuka Ginting melaju ke semifinal Singapore Open 2019, usai membantai raksasa bulutangkis China, Chen Long di babak perempatfinal.

Dalam duel yang dilangsungkan di lapangan 1 Singapore Indoor Stadium, Jumat siang, 12 April 2019, Anthony Ginting menumbangkan ranking 5 dunia itu cuma dalam dua gim dengan durasi menit.

Di awal gim pertama Chen sempat mendapatkan 2 poin pembuka duel. Dalam posisi tertinggal, Ginting meningkatkan serangan dengan smes-smes menyilang.

Cara itu efektif, dia berhasil menyamakan kedudukan dan malah berbalik unggul. Bahkan jelang jada turun minum, Ginting unggul jauh pada kedudukan 11-4.

Usai jeda, Ginting kembali mendapatkan 1 poin untuk melebarkan jarak. Namun, dia membuat dua kesalahan beruntun yang menguntungkan Chen.

Akhir di menit 14, sebuah dropshoot menyilang dari Ginting mengakhiri perlawanan juara dunia 2 kali itu pada kedudukan 21-8.

Di gim kedua, sebuah smes keras dari Ginting berbuah poin pembuka. Sayangnya, Ginting membuat kesalahan yang menguntungkan Chen, pon sama kuat 1-1.

Ginting kembali unggul poin setelah memenangkan sebuah pertarungan di depan net. Bola pengembalian tak sempurna dari Chen, dipukul dengan backhand.

Hanya saja  Ginting kembali membuat kesalahan sehingga poin kembali imbang 2-2.

Permainan Anthony dan Chen di gim kedua ini tak seperti gim sebelumnya, keduanya lebih berhati-hati memainkan bola. Kondisi ini memaksa terjadinya reli-reli panjang.

Pada menit 23, smes menyilang Ginting malah menguntungkan Chen, karena melebar keluar. Chen pun berbalik unggul pada kedudukan 5-6.

Jelang jeda poin masih sangat rapat pada kedudukan 11-8 untuk keunggulan sementara bagi Ginting.

Usai jeda, Chen tampil mengganas, kini dia tampil lebih menyerang, pertahanan Ginting pun digempur. Alhasil, di menit 33 dia berhasil merapatkan jarak selisih poin jadi 14-13.

Bahkan, dia berhasil menyamakan kedudukan dan malah berbalik unggul jadi 14-15.

Mendekati akhir pertandingan, penampilan Ginting mulai menurun dan sebaliknya Chen semakin percaya diri. Ginting tertinggal lagi pada kedudukan 16-18.

Perlahan tapi pasti, Ginting mulai menemukan cara bermain, setelah menyamakan kedudukan pada menit 36 pada angka 18-18. Guitng meningkatkan tempo permainan, dan akhirnya di menit 42 Ginting menghentikan perlawanan Chen dengan poin akhir tipis 21-19.

Di semifinal nanti, Ginting akan berhadapan dengan pemenang duel antara juara bertahan, Chou Tien Chen dengan pemain India, Sameer Verma.


KOMENTAR