Jumat, 26 April 2019 22:41 WIB

RAKET

Wanita Pengusaha Asal Makassar Jadi Wasit Badminton Asia Championships

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Wanita Pengusaha Asal Makassar Jadi Wasit Badminton Asia Championships Foto : Andi Purnama saat pimpin pertandingan Badminton Asia Championships

JURNALPATROLINEWS – Seorang wanita pengusaha sukses asal Makassar, Sulawesi Selatan, membuat heboh jagat bulutangkis dunia.

Wanita berjilbab bernama Andi Purnama itu, terpilih sebagai wasit di Kejuaraan Bulutangkis Asia alias Badminton Asia Championshiops 2019.

Seperti dilansir situs resmi Badminton Asia, Jumat, 26 April 2019. Andi merupakan 1 dari tiga wasit yang memimpin jalannya perebutan tahta juara BAC 2019 yang dilangsungkan di Wuhan Sports Center Gymnasium, Kota Wuhan, China.

Andi menjadi wasit di kejuaraan bulutangkis elit Benua Asia ini dengan modal gelar Magister Manajemen Olahraga dari Universitas Makassar.

Disebutkan, Andi juga merupakan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan juga menjadi dewan olahraga wanita seluruh Indonesia.

"Saya harus melakukan 100 turnamen di semua level sebelum saya diberi lampu hijau untuk mengikuti teori dan praktik pertama saya dalam olahraga. Saya menganggapnya sebagai tantangan dan bertekad menjadikan tanda sebagai wasit," kata Andi.

Untuk bisa menjadi wasit di kejuaraan berhadiah 400 ribu dolar Amerika Serikat ini, Andi benar-benar harus berjuang dengan keras.

Dia berhasil melewati Kelas B Nasional pada tahun 2005 dan setahun kemudian memenuhi syarat sebagai Kelas A Nasional selama Indonesia Open. Pada tahun 2008 Andi mendapatkan akreditasi Badminton Asia pada tahun 2008 di Kuala Lumpur.


KOMENTAR