Bumi Berputar Lebih Cepat Daripada 50 Tahun Terakhir

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinew – New York : Bumi berputar lebih cepat daripada 50 tahun terakhir ini; sedemikian rupa sehingga pencatat waktu dunia memperdebatkan apakah akan menghapus satu detik dari waktu ke waktu untuk memperhitungkan perubahan tersebut.

Saat planet kita menyelesaikan putaran penuh pada porosnya sedikit lebih cepat dari sebelumnya, itu berarti bahwa rata-rata, kita saat ini kehilangan 0,5 detik dari 24 jam penuh, menurut data baru.

Pencatat waktu di International Earth Rotation Service (IERS) sekarang mengatakan bahwa menghapus satu detik penuh dari waktu dapat menjelaskan perubahan keseluruhan, dan mengembalikan hitungan waktu sejalan dengan rotasi planet.
‘Lompatan kedua negatif’ – atau penghapusan detik dalam waktu – belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, total 27 ‘detik kabisat’ telah ditambahkan sejak tahun 1970-an untuk menjelaskan bahwa Bumi membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari 24 jam untuk menyelesaikan rotasi.

Catatan panjang hari yang tepat telah dilacak sejak tahun 1960-an, menggunakan jam atom. Selama 50 tahun terakhir, Bumi membutuhkan waktu kurang dari 24 jam (86.400 detik) untuk menyelesaikan satu rotasi.

Namun, sejak pertengahan 2020, hari-hari sekarang secara konsisten lebih pendek dari 86.400 detik, menurut The Telegraph .

Hari terpendek sejak pencatatan dimulai – 19 Juli 2020 – adalah 1.4602 milidetik lebih pendek dari 24 jam penuh.

Rekor hari terpendek sebelum tahun 2020 sebelumnya terjadi pada tahun 2005. Dalam 12 bulan terakhir, rekor ini telah dipecahkan sebanyak 28 kali.

Meskipun 0,5 detik hampir tidak dapat dideteksi dalam kehidupan sehari-hari, kerugian kecil memiliki dampak yang besar. Secara khusus, satelit dan peralatan komunikasi mengandalkan waktu sebenarnya yang selaras dengan waktu matahari, yang ditentukan dengan melihat posisi Bulan, Matahari, dan bintang lainnya.

Akibatnya, IERS sekarang memperdebatkan apakah akan memperbaiki perbedaan tersebut.

Peter Whibberley, seorang ilmuwan peneliti senior di kelompok waktu dan frekuensi Laboratorium Fisika Nasional, mengatakan kepada The Telegraph :  Memang benar bahwa bumi berputar lebih cepat sekarang daripada kapan pun dalam 50 tahun terakhir. Sangat mungkin bahwa lompatan negatif kedua akan dibutuhkan jika laju rotasi bumi semakin meningkat, tetapi masih terlalu dini untuk mengatakan apakah hal ini mungkin terjadi.

Dia menambahkan, ‘Ada juga diskusi internasional yang sedang berlangsung tentang masa depan detik kabisat, dan mungkin juga kebutuhan akan detik kabisat negatif dapat mendorong keputusan untuk mengakhiri detik kabisat untuk selamanya.’

Pos terkait