Awas! Begini Strategi e-Commerce Raksasa Kuras Uang Konsumen

JurnalPatroliNews – Jakarta – Amazon telah meluncurkan taktik baru untuk memikat konsumen agar semakin sering berbelanja di platform mereka. Dengan teknologi pengiriman paket yang lebih canggih, perusahaan ini berharap dapat mempercepat pengantaran dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dalam pengumuman terbaru, Amazon memperkenalkan fitur baru bernama Vision Assisted Package. Teknologi ini akan menggunakan sorotan lampu hijau untuk menandai paket yang tiba di setiap pemberhentian sepanjang rute pengiriman.

Teknologi inovatif ini akan dipasang pada 1.000 truk listrik dari produsen Rivian pada tahun mendatang. Kamera dan proyektor LED akan dipasang di langit-langit truk untuk memindai label paket secara otomatis.

Dengan sistem ini, waktu pengiriman akan lebih efisien karena pengemudi tidak perlu membaca label satu per satu. Akibatnya, paket akan sampai lebih cepat, mendorong pelanggan untuk lebih sering berbelanja di Amazon.

“Setelah pelanggan merasakan pengiriman cepat, mereka cenderung akan kembali dan berbelanja lebih sering,” ujar Doug Herrington, CEO Amazon Worldwide Store, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (13/10/2024).

Sebagai pemegang saham terbesar Rivian, Amazon merencanakan lebih banyak van listrik buatan perusahaan tersebut. Hingga 2030, 100 ribu kendaraan listrik Amazon telah dipersiapkan untuk meningkatkan operasi pengiriman.

Waktu pengiriman yang lebih cepat akan memungkinkan Amazon untuk mengirim lebih banyak paket per shift, dengan target mencapai 100 pengiriman per hari.

Selain itu, Amazon juga memperkenalkan software berbasis AI yang akan membantu mempercepat proses penelitian produk bagi konsumen. Panduan berbasis AI ini memberikan informasi dan rekomendasi yang membuat keputusan belanja menjadi lebih cepat dan tepat.

Amazon juga mengambil langkah untuk memperkecil ukuran gudang di toko grosir Whole Foods, dengan tujuan mendorong pelanggan untuk membeli langsung di toko dan mengalahkan pesaing mereka.

Komentar