Digugat Konsumen! Ternyata Begini Trik Apple Supaya iPhone Laku Setiap Tahun

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Seorang konsumen asal Inggris, Justin Gutmann menggugat Apple dengan tuduhan telah menyembunyikan baterai rusak di jutaan iPhone yang mereka jual. Dia menuduh kondisi baterai yang tidak prima itu sebagai trik Apple agar penjualan mereka terus tinggi.

Justin Gutmann adalah seorang aktivis muda yang mewakili 24 juta konsumen iPhone dalam gugatan yang diajukan ke pengadilan di London. Mengutip Reuters, Gutmann menuntut ganti rugi dari Apple dengan jumlah 1,6 milair pound atau setara Rp 30 triliun ditambah bunga.

Pengacara Gutmann menyatakan Apple telah menyembunyikan masalah baterai pada model tertentu dan membatasi baterai itu dengan pembaruan perangkat lunak dan memasang alat manajemen daya yang membatasi kinerja baterai.

Menanggapi hal tersebut, Apple menilai tuduhan dari pelapor tidak berdasar dan membantah keras bahwa baterai di iPhone rusak, kecuali sejumlah kecil model iPhone 6s yang menawarkan penggantian baterai gratis.

Perusahaan berusaha untuk membatalkan kasus tersebut ke pengadilan, namun Pengadilan Banding Kompetisi (CAT) mengatakan kasus Gutmann dapat dilanjutkan dalam keputusan tertulis.

Namun CAT mengatakan ada kurangnya kejelasan dan kekhususan dalam kasus Gutmann yang perlu diselesaikan sebelum diadili.

Pengadilan juga mengatakan bahwa pengaturan pendanaan litigasi Gutmann mungkin perlu diubah, menyusul keputusan penting Mahkamah Agung pada bulan Juli yang menyatakan bahwa banyak perjanjian semacam itu melanggar hukum.

Komentar