Google Translate Tambahkan 110 Bahasa Baru Dengan Teknologi AI

JurnalPatroliNews – AS – Google baru saja meluncurkan pembaruan besar untuk aplikasi Google Translate dengan menambahkan dukungan untuk 110 bahasa baru.

Menurut GSM Arena pada Sabtu (29/6), Google menyatakan bahwa mereka menggunakan model bahasa AI PaLM 2 untuk melatih perangkat lunak dalam menguasai 110 bahasa baru tersebut.

Google terus memimpin dalam mengintegrasikan teknologi AI ke dalam produknya, termasuk layanan Google Translate. Model AI yang digunakan sangat efektif dalam mempelajari bahasa-bahasa yang memiliki keterkaitan, seperti Hindi, Awadhi, dan Marwadi, serta bahasa kreol Prancis seperti Kreol Seychelles dan Kreol Mauritius.

Pembaruan ini juga mencakup dukungan untuk bahasa Kanton, yang menurut Google telah menjadi salah satu bahasa yang paling banyak diminta selama bertahun-tahun. Bahasa Kanton menimbulkan tantangan khusus karena kesamaan dengan bahasa Mandarin dan kesulitan dalam mendapatkan data untuk melatih model AI.

Sekitar 25 persen dari bahasa baru yang ditambahkan adalah bahasa Afrika, dengan setiap bahasa digunakan oleh setidaknya satu juta orang di seluruh dunia, dan beberapa bahkan digunakan oleh ratusan juta orang.

Dengan tambahan terbaru ini, Google Translate kini mendukung total 223 bahasa di aplikasinya.

Komentar