Ilmuwan Jepang Perkenalkan Robot Dengan Kulit dan Ekspresi Mirip Manusia!

JurnalPatroliNews – Jepang – Para ilmuwan Jepang berhasil menciptakan sebuah robot kecil dengan kulit hidup yang bisa menampilkan ekspresi senyum dan mata berkaca-kaca layaknya manusia.

Dibawah kepemimpinan Profesor Shoji Takeuchi dari Institut Ilmu Industri di Universitas Tokyo, robot ini merupakan inovasi signifikan dalam usaha menciptakan robot yang lebih mirip manusia.

Para peneliti menemukan metode baru untuk mengikat jaringan kulit hidup ke permukaan robotik mekanis. Sebelumnya, Takeuchi mengembangkan kulit robot “hidup” dengan menggunakan kolagen, protein berserat pada kulit manusia, dan fibroblas dermal manusia, sel utama dalam jaringan ikat, yang dapat diaplikasikan pada jari robot dan tetap fleksibel tanpa patah.

Dalam teknik terbaru, tim terinspirasi oleh struktur ligamen alami kulit manusia untuk membuat “jangkar” dengan gel kolagen yang diaplikasikan pada lubang kecil berbentuk V di permukaan robot.

“Metode baru ini memberikan pelekatan yang lebih mulus dan tahan lama,” ujar Takeuchi, seperti dikutip dari CNN pada Sabtu (29/6).

Selain Takeuchi, ada juga ilmuwan lain yang berupaya membuat robot semakin mirip manusia. Salah satunya adalah Engineered Arts yang mengembangkan Ameca, sering disebut sebagai robot humanoid tercanggih di dunia. Berkat kecerdasan buatan, robot ini mampu berbicara dan bereaksi dengan tepat terhadap manusia.

“Salah satu aspek yang membuatnya tampak lebih realistis dibandingkan robot lain adalah matanya,” ujar Will Jackson, pendiri dan CEO Engineered Arts.

“Mata adalah jendela jiwa. Kita membaca emosi satu sama lain melalui kontak mata,” tambah Jackson, seraya menekankan bahwa dengan jumlah gerakan terbatas di kepala robot, mata memberikan ekspresi paling kuat.

Komentar