Nvidia Geser Apple Sebagai Perusahaan Termahal Kedua di Dunia!

JurnalPatroliNews – AS – Nvidia pembuat chip kecerdasan buatan, kini menempati posisi kedua sebagai most valuable company dengan valuasi mencapai 3 triliun dolar AS, menggusur Apple dari tempat tersebut.

Peningkatan nilai pasar Nvidia yang melampaui Apple menandakan perubahan signifikan di Silicon Valley. Sebelumnya, dominasi ini dipegang oleh Apple, perusahaan yang didirikan bersama oleh Steve Jobs sejak peluncuran iPhone pada tahun 2007.

Sementara itu, Microsoft yang berbasis di Redmond, Washington, tetap memegang posisi puncak sebagai perusahaan paling bernilai di dunia dengan valuasi 3,15 triliun dolar AS setelah sahamnya naik sebesar 1,9 persen.

Menurut laporan Reuters, Jumat (7/6), Nvidia berencana melakukan pemecahan saham dengan rasio sepuluh banding satu, yang efektif mulai hari ini, 7 Juni. Langkah ini diharapkan akan meningkatkan daya tariknya di kalangan investor individu.

“Nvidia saat ini mendapatkan keuntungan dari AI, sedangkan perusahaan seperti Apple dan Meta justru mengeluarkan uang untuk AI,” ujar Jake Dollarhide, CEO Longbow Asset Management.

“Tidak menutup kemungkinan bahwa Nvidia juga akan melampaui Microsoft. Banyak investor ritel yang melihat potensi kenaikan yang cepat ini,” tambahnya.

Komentar