Ramai Kabar Dugaan 1,3 Miliar Data SIM Card Bocor, Operator Seluler Kompak Bilang Aman

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, dan Telkomsel kompak menyatakan data pelanggan mereka aman. Ini terkait kabar dugaan 1,3 miliar data registrasi SIM Card yang bocor.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan pihaknya mematuhi aturan dan perundang-undangan berlaku di pemerintah. Termasuk terkait keamanan dan kerahasiaan data yakni Peraturan Menkominfo Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik yang menjamin kerahasiaan data.

“XL Axiata telah menerapkan standar ISO 27001, yakni sebuah standar internasional tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi,” kata Tri dalam keterangan resminya, Kamis (1/9/2022).

Dalam melindungan potensi gangguan keamanan data termasuk dari pelanggan, Tri mengatakan mengantisipasi melalui penerapan sistem IT solid dengan memanfaatkan dukungan hardware atau software sudah disesuaikan dengan teknologi terbaru. Untuk meminimalkan risiko keamanan yang muncul.

SVP-Head of Corporate Communications IOH, Steve Saerang mengatakan pihaknya menyimpan data pelanggan sendiri. Perusahaan itu juga memastikan data pelanggan aman dengan teknologi keamanan.

“IOH memiliki penyimpanan data pelanggan sendiri dan kami juga memastikan keamanan data pelanggan dengan mengikuti standar ISO 27001,” jelas Steve.

Komentar