Cara Membuat Website Sendiri Termudah Tanpa Perlu Coding

JurnalPatroliNews – Semakin banyak orang yang mencari informasi bagaimana cara membuat website sendiri. Hal ini tidak mengherankan, karena website memang menjadi media yang sangat multifungsi untuk berbagai kebutuhan.

Tidak hanya untuk pemakaian personal, website juga bisa menjadi media marketing bisnis yang efektif. Anda pun tidak perlu khawatir kesulitan karena ada trik untuk membuat website tanpa coding yang bisa dicoba. Yuk, simak cara lengkapnya!

6 Cara Membuat Website Sendiri

Anda tidak harus ahli dalam bidang coding jika ingin membuat website sendiri. Karena saat ini, ada cara yang lebih mudah untuk digunakan. Inilah cara membuat website dari nol yang bisa Anda coba dengan mudah:

  1. Pilih Jenis Website
    Pertama, silakan pilih jenis website yang ingin Anda buat. Di sini Anda bisa memilih banyak sekali variasi mulai dari website pribadi atau blog, website toko online, situs berita, website forum, website portofolio, dan lain sebagainya.

Dengan menentukan jenis yang jelas, Anda bisa mendesain konsep dengan lebih matang dan sesuai tujuan. Selain itu, pemilihan ini juga akan berpengaruh pada pilihan domain, web hosting, dan tema nantinya.

  1. Cari Platform yang Sesuai
    Setelah mendapatkan jenis website yang sesuai, langkah selanjutnya adalah mencari platform yang sesuai. Platform untuk website juga populer dengan sebutan CMS atau Content Management System.

Lewat CMS inilah nantinya Anda akan mengatur semua konten yang ada di dalam website. Mulai dari foto, template, logo, teks, video, dan lain sebagainya. Ada banyak CMS yang bisa Anda gunakan dan tidak membutuhkan pengetahuan coding.

Anda bisa memilih antara Shopify, Joomla, Wix, Blog, Magento, Drupal, dan WordPress. Selama ini, WordPress banyak sekali dipilih karena kemudahan dan fiturnya yang sangat kaya untuk digunakan.

Tidak heran jika banyak sekali pemula, bahkan perusahaan besar menggunakan WordPress sebagai platform website mereka.

  1. Pilih Web Hosting dan Domain
    Langkah membuat website selanjutnya adalah dengan menentukan hosting dan domain. Domain merupakan alamat agar orang lain bisa mengakses website yang Anda miliki. Ibaratkan rumah, domain akan bertindak sebagai alamatnya.

Contoh dari domain adalah saat ingin mengunjungi website Google, maka Anda hanya perlu mengetikkan www.google.com. Nama domain tersebut adalah Google dan memiliki ekstensi .com.

Pilihan ekstensi dari domain pun sangat beragam seperti .com, .co.id, .net, .site, .website, dan lain sebagainya. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Selain domain, maka penting juga untuk memilih hosting yang tepat.

Untuk penggunaan website yang penting seperti untuk perusahaan dan bisnis, maka sebaiknya Anda menggunakan hosting dan domain yang profesional. Sebab, hosting memiliki peranan yang penting untuk menyimpan seluruh file yang ada di website.

Saat ini ada banyak sekali jasa website hosting yang bisa melayani kebutuhan Anda. Anda bisa meminta bantuan mereka supaya website memiliki hosting dan domain yang profesional.

  1. Lakukan Instalasi WordPress
    Cara membuat website sendiri selanjutnya adalah dengan memasang atau menginstall CMS untuk website. Pada tahap ini, Anda bisa meminta pemasangan WordPress sekaligus saat memilih web hosting.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan auto install aplikasi website. Jika opsi tersebut terlewat, masih ada cara memasang WordPress lainnya seperti berikut:

  • Silahkan akses cPanel lewat alamat namawebsite.com/cPanel
  • Kemudian masukkan login id dan password.
  • Cari Softaculous Apps Installer pada kolom pencarian dan carilah opsi WordPress.
  • Jika sudah ketemu, klik Install.
  • Selanjutnya, silahkan isi semua informasi yang diminta termasuk mengatur password dan juga username.
  • Terakhir, klik Install pada bagian bawah.
  1. Mengatur Tema dan Menambahkan Plugin
    Setelah pemasangan WordPress selesai, maka Anda bisa lanjut mengatur tema website. Nantinya sudah ada banyak sekali pilihan tema yang bisa digunakan. Untuk mengaksesnya, Anda bisa masuk ke menu Appearance lewat Setting.

Setelah itu, cari opsi Themes dan pilih Add New. Jika sudah memilih jangan lupa aktifkan opsi tema tersebut supaya bisa diterapkan di seluruh website. Apabila tema selesai, maka Anda bisa memasang plugin tambahan untuk menunjang website.

Plugin ini sangat berguna untuk meningkatkan fungsi dan fitur yang ada di dalam website. Beberapa plugin yang sebaiknya Anda install adalah Yoast SEO dan LiteSpeed Cache. Dua plugin ini bagus untuk membantu Anda mengoptimalkan website.

  1. Optimasi dan Maintenance
    Untuk membuat website bisnis atau personal semakin mantap untuk Anda gunakan, maka jangan lupa melalui proses optimasi. Tahap optimasi akan terbagi menjadi 2 yaitu optimasi performa dan optimasi SEO.

Keduanya sangat berperan penting agar website yang Anda miliki bisa diakses oleh pengunjung dengan mudah. Selain itu, agar website bisa masuk ke pencarian teratas Google.

Terakhir, jangan lupa lakukan maintenance atau pemeliharaan website secara berkala. Pemeliharaan ini sangat penting supaya website senantiasa berada dalam performa terbaiknya.

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa menggunakan jasa maintenance website murah yang banyak tersedia. Dengan bantuan jasa tersebut, Anda hanya tinggal menerima hasilnya tanpa harus ribet melakukan pemeliharaan.

Anda bisa klik disini untuk informasi selengkapnya tentang jasa ini.

Penutup

Itulah sederet cara membuat website sendiri yang bisa Anda lakukan. Sangat mudah bukan? Dengan cara ini diharapkan Anda bisa membuat website meski tidak memiliki keahlian coding. Selamat mencoba!

Komentar