Gunakan Teknologi Tetraprisms, Peningkatan Signifikan, Di balik Kamera Periskop iPhone 15 Pro Max

JurnalPatroliNews – Jakarta – Di antara semua varian iPhone 15 yang baru saja dirilis, iPhone 15 Pro Max hadir membawa peningkatan terbesar. Salah satunya kamera periskop yang menghadirkan optical zoom 5x.

Kamera periskop di iPhone 15 Pro Max membawa peningkatan yang signifikan dibandingkan kamera telephoto yang ada di iPhone 14 Pro Max. Selain kemampuan zoom yang lebih jauh (5x vs. 3x), kamera periskop iPhone 15 Pro Max memiliki sensor yang ukurannya 25% lebih besar dengan bukaan f/2.8.

Menurut Apple, kamera periskop iPhone 15 Pro Max setara dengan lensa yang memiliki focal length 120mm. Focal length ini lebih panjang ketimbang lensa telephoto 3x 77mm yang digunakan di iPhone 15 Pro (serta iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max).

Dengan fitur baru ini, kemampuan zoom iPhone 15 Pro Max menyamai ponsel flagship kompetitor seperti Google Pixel 7 Pro. Tapi masih kalah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S23 Ultra yang menawarkan optical zoom 10x.

Untuk menyematkan lensa telephoto yang lebih panjang ini di bodi iPhone 15 Pro Max tentu tidak mudah karena keterbatasan ruang. Alih-alih menggunakan lensa yang terlalu panjang dan tidak cukup di ponsel, kamera periskop menggunakan prisma atau cermin untuk memantulkan cahaya agar bisa berjalan lebih panjang.

Teknologi kamera periskop serupa juga digunakan di ponsel flagship dari Google, Samsung, Huawei, dan lain-lain. iPhone 15 Pro Max menggunakan teknologi ‘tetraprism’ yang bisa memantulkan cahaya empat kali sebelum mencapai sensor.

Saat ini kamera periskop merupakan fitur eksklusif untuk iPhone 15 Pro Max. iPhone 15 Pro masih menggunakan kamera telephoto yang sama seperti generasi sebelumnya, dengan kemampuan zoom 3x. Kamera telephoto di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max sama-sama mengambil foto dengan resolusi 12 MP.

Komentar