Kunjungan Mahasiswa Magister Terapan STIP di Gudang Konsolidasi PT Sarana Prima Logistindo dalam peningkatan kualitas pembelajaran Logistik Maritim

  • Whatsapp

JurnalPatroliNews – Seiring perkembangan jaman dan kondisi logistik pengangkutan yang mengalami perubahaan secara cepat maka Mahasiswa Pasca Sarjana Terapan Pemasaran Inovasi dan Teknologi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran mengadakan kunjungan pada PT Sarana Prima Logistindo yang berada di Kawasan Berikat Nusantara Marunda Jakarta Timur.

Dalam kegiatan ini merupakan hal rutin di lakukan untuk menjalin kerjasama dunia akademik dan dunia kerja dalam bersinerji demi kemajuan ekonomi terutama logistik Indonesia, adapaun kegiatan kunjungan ini meliputi :

  1. Proses pengiriman barang dari beberapa supplier, pabrik dari mulai masuk gudang sampai diterima di dalam gudang konsolidasi dengan keadaan baik dan sesuai dengan purchase order yang diberikan oleh pihak Forwarder.
  2. Dokumen pendukung yang diperlukan dalam pelaksanaan ekspor barang LCL ( Less Container Load ) melalui Gudang PT Sarana Prima Logistindo sehingga dapat diproses dengan aturan bea cukai yang ditentukan.
  3. Kendala yang sering dihadapi oleh pihak Gudang PT Sarana Prima Logistindo dan solusi yang telah dijalankan dalam menyelesaikan kendala-kendala yang sering dihadapi.
  4. Seiring banyaknya gudang konsolidasi berada disekitar area PT Sarana Prima Logistindo, strategi dan cara untuk tetap bertahan dalam persaingan atau mengembangkan usaha gudang yang telah dijalani saat ini.
  5. Strategi dan cara peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam layanan terbaik diberikan kepada pelanggan yang sudah lama serta berupaya untuk terus mendapatkan pelanggan-pelanggan baru demi kemajuan usaha tersebut.

Secara umum kunjungan dilaksanaakan dalam dua sesi meliputi wawancara dengan pihak PT Sarana Prima Logistindo diwakili oleh Bapak Julian Ariyansyah ( Warehouse leader ) dan Anthony ( Custom House Brokage ) dan Pihak STIP diwakili oleh Dr. Larsen Barasa Wakil Diretur Pasca Sarjana Terapan STIP, Dr April Gunawan Malau Kaprodi dan Dosen Pengampu Mata Kuliah Logistik Maritim Dr. Agung Kwartama serta Mahasiswa Pasca Sarjana Program Pemasaran Inovasi dan Teknologi. Pada kegiatan selanjutnya kunjungan fisik kedalam gudang konsolidasi untuk melihat proses awal sampai akhir dalam pengiriman barang LCL melalui laut dengan tujuan ekspor keluar negeri.

Kunjungan ke sentra – sentra bisnis logistik akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh pihak Pasca Sarjana STIP untuk bisa menjalin hubungan sinergi yang saling menguntungkan terutama dunia bisnis dalam mencari solusi yang tepat dan cepat dalam menghadapi persaingan bisnis baik dalam negeri, luar negeri untuk menjamin logistic di Indonesia menjadi lebih baik lagi dalam perkembangannya.

Bagi pihak akademi bisa menambah wawasan kepada para mahasiswa untuk mengetahui perkembangan logistic saat ini, hambatan yang sering serjadi sehingga diharapkan menjadi rumusan masalah yang akan dikembangkan menjadi salah satu solusi untuk diberikan kepada perusahaan dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi.

​Hubungan akademik dan dunia kerja perlu terus terjaga untuk menciptakan ikatan saling menguntungkan terutama dalam pengingkatan kualitas dan perkembangan logistic di Indonesia untuk mencapai pelayanan transportasi yang efektif, efisien dan tepat waktu untuk menunjang nilai jual produk Indonesia di luar negeri.

Pos terkait