Bakti TNI di Wiltas, Satgas Yonif 133/YS Atasi Masalah Keluarga Bayi Gizi Buruk

JurnalPatroliNews, Kapuas Hulu Kalbar – Di tengah pandemi Covid-19, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS tak pernah berhenti untuk memberikan darma bakti kepada rakyat di sekitar yang mengalami kesulitan. Salah satunya memberikan bantuan tali asih dan suplai gizi tambahan kepada keluarga yang memiliki bayi penderita gizi buruk. 
Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, SSos, dalam keterangan tertulisnya di Kecamatan Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (17/6/20) malam.
Dijelaskan Dansatgas, pemberian tali asih dan suplai gizi tambahan dilakukan kepada salah satu warga binaan di Dusun Pesaya, Desa Semuntik, Kecamatan Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu.
Di dusun ini tepatnya di Rumah Panjang Adat Dayak Iban, terdapat seorang bayi perempuan bernama BY Susan yang menderita gizi buruk.
“Bayi malang yang kini beratnya 4,9 Kg itu dalam kondisi wajah bengkak dan mengalami pucat dihampir sekujur tubuh. Karena rasa prihatin yang mendalam, personel Satgas yang dipimpin Letda Ckm dr Wahyu Tarman bersama tiga anggota Pos Kotis dan dua staf Puskesmas Nanga Badau datang menjenguk sekaligus memberikan suplai gizi tambahan serta tali asih kepada ibu dan ayah si bayi,” terang Dansatgas.
Dalam kegiatan anjangsana ini, lanjut Letkol Hendra, tim gabungan juga melakukan pemeriksaan medik kepada bayi dan ibunya.
“Dari hasil pemeriksaan medik, tim memutuskan untuk memberikan susu racikan kepada BY Susan, dan suplai gizi tambahan kepada ibu bayi guna memaksimalkan produksi ASI-nya,” ungkap Letkol Hendra.
Melalui kegiatan serbuan teritorial kepada warga desa binaan Satgas Yonif 133/YS di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat ini, Letkol Hendra berharap kehadiran TNI akan semakin diterima dan dicintai masyarakat, serta terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang semakin solid.
Sementara, ibu dan ayah BY Susan mengaku bersyukur atas kehadiran dan kepedulian Satgas Yonif 133/YS bersama staf Puskesmas Nanga Badau di kediamannya.
Bagi kedua pasutri (pasangan suami-istri) ini, bantuan Satgas Yonif 133/YS sangat besar manfaatnya bagi kesehatan bayi mereka.
“Bantuan Satgas Yonif 133/YS ini sangat mengurangi beban ekonomi
keluarga saya, terutama untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi kepada bayi kami,” ungkap . ayah BY Susan, seraya menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa hormat kepada Dansatgas serta seluruh personel.
Adapun bantuan yang diserahkan berupa:
1. Susu bubuk merek “Dancow” sebanyak 4 dus.
2. Susu merek Bendera sebanyak 2 kaleng.
3. Ikan kemasan merek “Sarden” sebanyak 5 kaleng.
4. Dan bantuan tali asih berupa uang sekadarnya. (Pen/Yah)

Komentar