Gubernur Bali Resmi Tutup FSBJ IV Tahun 2022

JurnalPatroliNews – Denpasar,- Gubernur Bali, DR Ir I Wayan Koster, MM, secara resmi menutup Festival Seni Bali Jani IV Tahun 2022 dengan tema ‘Jaladhara Sasmita Danu Kerthi’.

Penutupan ditandai dengan Peluncuran Tema Festival Seni Bali Jani V Tahun 2023 ‘Citta Rasmi Segara Kerthi’: Bahari Sumber Inspirasi dengan penuangan air dengan alat tradisional teluktak oleh gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wakil Gubernur Bali, Pimpinan DPRD Provinsi Bali serta Sekretaris Daerah Provinsi Bali pada Minggu (Redite Paing Sinta), 23 Oktober 2022 malam di Kalangan Ardha Candra, Taman Budaya Art Center, Denpasar.

Festival Bali Jani telah berlangsung selama 2 minggu dari 9-23 Oktober 2022 dengan melibatkan seniman, sanggar serta penggiat seni modern dan kontemporer dari berbagai daerah baik dari Bali maupun dari luar Bali.

Pada acara penutupan dilakukan Penyerahan Juara Pawimba (Lomba), Penganugerahan Bali Jani Nugraha Tahun 2022 serta Pementasan dari ISI Denpasar – Komunitas Seni Usadi Langu yang membawakan judul “Bali Tirtha Samasta”.

“Budaya Adalah Gen Orang Bali,” kata Gubernur Bali, Wayan Koster dalam sambutannya. Gubernur mengatakan Bali yang terbilang kecil dianugerahi kekayaan budaya yang sangat unik.

“Budaya di Bali tidak akan habis karena menyatu dengan laku hidup orang Bali melalui tatanan adat, tradisi, seni budaya dan kearifan lokal sehingga menyatu padu dalam kehidupan masyarakat di Bali sejak turun temurun hingga kini,” ungkap Gubernur jebolan ITB ini. Sehingga menurutnya masyarakat Bali patut bersyukur karena telah dianugerahi keunikan seni budaya serta kearifan lokal yang adi luhung oleh leluhurnya.

Ia menambahkan sebagai generasi penerus, masyarakat Bali memiliki kewajiban untuk senantiasa memelihara budaya yang telah diwariskan oleh leluhurnya karena Budaya merupakan keunggulan Bali yang akan selalu hadir mulai dari desa adat, anak usia PAUD hingga pada perguruan tinggi. Menurutnya kelestarian budaya Bali tidak terlepas dari peran lembaga kebudayaan yang sangat kuat yang dimiliki oleh Bali yang terus berupaya memajukan seni mulai dari Sekolah Menengah hingga Perguruan Tinggi, salah satunya adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar yang selalu melahirkan inovasi kesenian di Provinsi Bali.

Komentar