Studi Terbaru, WFH 4 Hari Seminggu Tekan Polusi Udara

JurnalPatroliNews – Para peneliti di Institut Ilmu dan Teknologi Lingkungan dari Universitat Autònoma de Barcelona (ICTA-UAB) melihat tiga skenario yang berbeda.

Meliputi telecommuting dua, tiga atau empat hari seminggu, dan menemukan bahwa tingkat NO2 akan menurun sebesar 4 persen, 8 persen dan 10 persen, masing-masing.

Jika 40 persen karyawan sektor jasa melakukan telecommuting empat hari seminggu, kadar NO2 tidak hanya akan turun 10 persen, tetapi emisi lalu lintas juga akan turun 15 persen.

Selain itu, lama perjalanan yang dilakukan pekerja yang tersisa untuk sampai ke pekerjaan mereka akan menurun sebesar 37,5 persen.

Dalam dua skenario lainnya, yakni dua hari untuk 20 persen tenaga kerja dan tiga hari untuk 30 persen, emisi lalu lintas akan turun masing-masing sebesar 5 persen dan 10 persen.

Lama perjalanan terkait pekerjaan juga akan menurun masing-masing sebesar 12,5 persen dan 25 persen, sebagaimana melansir Dailymail, Kamis (23/9/2021).

Para peneliti mendasarkan temuan mereka pada data mobilitas dan kualitas udara yang diperoleh di Barcelona selama penguncian Covid-19.

“Kami mengusulkan agar kerja jarak jauh diprioritaskan dan dipromosikan sebagai kontribusi efektif terhadap pengurangan polusi udara perkotaan jangka panjang dan puncak polusi jangka pendek,” tulis penulis penelitian.

Penelitian yang dilakukan bersama dengan perusahaan perencanaan mobilitas perkotaan Anthesis Lavola, didasarkan pada laporan mobilitas dari Otoritas Transportasi Metropolitan Barcelona.

Hampir 85 persen tenaga kerja Barcelona memiliki pekerjaan di sektor jasa dan 40 persen dari semua kendaraan yang dikendarai dilakukan untuk tujuan pekerjaan.

Untuk selanjutnya, dorongan yang signifikan untuk melakukan telecommute sebagian dari minggu kerja dapat memiliki implikasi luas pada perubahan polusi dan peningkatan kualitas udara.

Barcelona memiliki perkiraan populasi tenaga kerja sekitar 1,1 juta, menurut Forum Budaya Kota Dunia.

Para peneliti juga melihat, tingkat persentase konsentrasi NO2 yang signifikan antara kasus dasar dan tiga skenario selama perjalanan pagi yang khas dari Senin hingga Jumat.

Ada juga penurunan yang signifikan dalam tingkat NO2 antara kasus dasar dan tiga skenario selama perjalanan malam yang khas dari Senin hingga Jumat.

Para peneliti juga menemukan bahwa pendidikan online akan memotong kendaraan pribadi sebesar 20 persen dan belanja akan dipotong sebesar 30 persen.

“Penerapan skenario [ketiga] ini dapat berjalan dan realistis selama periode polusi tinggi, karena hanya didasarkan pada maksimalisasi kerja jarak jauh dan pengurangan perjalanan dan belanja terkait pekerjaan lainnya,” penulis utama, Alba Badia, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Penelitian ini baru-baru ini dipublikasikan di Urban Sustainability.

Temuan itu muncul beberapa bulan setelah pemerintah Inggris menemukan bahwa polusi udara berada pada tingkat terendah sejak pencatatan dimulai, karena NO2 dan partikel turun ke tingkat terendah sepanjang masa.

Pada Juni, sebuah studi dari NASA menemukan bahwa tingkat oksida nitrogen menurun secara global sebesar 15 persen dari Juni 2020.

Komentar