Rektor Undiksha Prof. Jampel Minta Dr. Aqua Motivasi Sekitar 3.100 Mahasiswa Baru

JurnalPatroliNews – Buleleng : Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana mengajak semua mahasiswa baru Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Buleleng, Bali, untuk bersyukur karena mereka diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) itu, setelah melalui seleksi ketat yang diikuti belasan ribu orang.

Ajakan itu disampaikan Dr Aqua lewat Webinar saat sharing Komunikasi dan Motivasi dengan 3.100 mahasiswa baru, termasuk program Diploma, S1, S2, dan S3, pada Jumat siang (11/09).

Rektor Undiksha Prof I Nyoman Jampel mendadak meminta Dr Aqua untuk sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh mahasiswa baru di kampus yang dipimpinnya.

Permintaan itu disampaikan sesaat setelah Dr Aqua tiba di kampus Undiksha, Jl Udayana nomor 11 Singaraja.

“Pak Aqua, selamat datang di Undiksha. Suatu kehormatan buat kami dengan kedatangan bapak ke sini yang dilaksanakan saat agenda bapak sangat padat untuk sharing Komunikasi dan Motivasi di berbagai kota di Indonesia. Saat ini sedang berlangsung Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021 di Undiksha lewat Webinar. Saya minta bapak berkenan memotivasi mereka meski hanya sebentar,” pinta Prof Jampel.

Tanpa pikir panjang, Dr Aqua langsung menyatakan, bersedia sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh mahasiswa baru Undiksha.

Mendengar jawaban itu, Prof Jampel sangat gembira.

Sama sekali tidak menyangka Dr Aqua langsung menyatakam bersedia.

Kemudian Prof Jampel meminta rektor Wakil Rektor III, Prof I Wayan Suastra dan Sekretaris Pimpinan Rektor Undiksha, Arief Billah untuk segera mempersiapkan laptopnya.

Tidak sampai 10 menit semuanya siap.

Prof Jampel memberikan pengantar.

“Siang ini kita dapat rejeki. Pakar Komunikasi dan motivator ulung, bapak Dr Aqua Dwipayana tiba-tiba datang ke sini. Beliau langsung menyatakan bersedia saat saya minta untuk sharing Komunikasi dan Motivasi. Mari kita simak dengan serius karena ini kesempatan yang langka,” ungkap Jampel.

Dr. Aqua Ceritakan Kuliah S1 di UMM Penuh Perjuangan

Dr Aqua dengan penuh semangat memulai sharing Komunikasi dan Motivasi.

Menekankan kepada semua mahasiswa baru untuk bersyukur.

Tema bahasannya adalah “Membangkitkan Semangat Mahasiswa Baru Selama Pandemi Covid-19”.

Meski saat ini pandemi Covid-19, lanjut Dr Aqua, harus tetap semangat belajar dan kuliah.

Setiap mahasiswa perlu berinisiatif, berkreasi, dan berinovasi.

Dengan konsisten melaksanakan itu membuat para mahasiswa lancar kuliahnya.

Dr Aqua kemudian menceritakan pengalaman kuliah S1-nya di Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang penuh perjuangan.

Dilaksanakan sambil kerja karena orangtuanya tidak mampu membiayai kuliahnya.

“Saya sangat bersyukur mengalami semua itu sehingga tergerak untuk mengoptimalkan potensi diri agar kehidupan saya berubah,” jelas Dr Aqua.

Dr Aqua Tamat SMA Berencana Kerja di Toko Buku

Awalnya mantan wartawan di banyak media besar itu tidak ada rencana kuliah.

Tamat SMA berencana kerja di toko buku agar bisa menyalurkan hobi membacanya. Ternyata Tuhan berkehendak lain.

Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana kuliah hingga S3.

“Seluruh uang kuliah dari S1 hingga S3 saya bayar sendiri. Bahkan dari hasil bekerja saya bisa membiayai kuliah kakak saya di Yogyakarta,” kata Dr Aqua dengan penuh rasa syukur.

Saat sesi tanya-jawab banyak yang bertanya. Namun, waktunya yang terbatas, sehingga hanya beberapa orang saja yang mendapat kesempatan mengajukan pertanyaan.

Penanya lainnya dipersilakan langsung bertanya lewat WA ke Dr Aqua.

Seperti diketahui, bahwa Undiksha didirikan pada 1955.

Tanggal 11 Mei 2006, statusnya berubah dari IKIP Negeri Singaraja menjadi Undiksha.

Jumlah total mahasiswanya sebanyak 12.158 orang.

Sedangkan dosen 473 yang ASN dan 41 orang non ASN.

Tenaga pendidiknya 246 ASN dan 323 non ASN.

Seluruhnya ada 8 Fakultas, 1 Pascasarjana, 11 Prodi D3, Prodi S1 (37), Prodi S2 (12) dan Prodi S3 (3) di lingkungan Undiksha, sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Bali Utara. (* – TiR).-

Foto: Rektor Undiksha Prof I Nyoman Jampel (kanan) dan Wakil Rektor III, Prof I Wayan Suastra (kiri) bersama Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana (tengah) menjelang melaksanakan webinar dengan sekitar 3.100 mahasiswa baru Undiksha, Jumat (11/09).

Komentar