Bahrain Menggagalkan ‘Serangan Teror’ Oleh ‘Brigade Qassem Soleimani’ Pro-Iran Pada Awal 2020

Jurnalpatrolinews – Manamah : Kementerian dalam negeri Bahrain mengatakan pada Minggu bahwa pihaknya telah menggagalkan “serangan teroris” awal tahun ini yang didukung oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran.

Pernyataan itu mengkonfirmasi laporan media sebelumnya tentang dugaan serangan yang direncanakan dan menambahkan kerangka waktu.

Sebelumnya pada hari Minggu televisi pemerintah Saudi Al-Ekhbariya dan surat kabar Bahraini Akhbar al-Khaleej melaporkan bahwa penyelidikan kementerian dalam negeri menemukan bahwa kelompok baru yang disebut “Brigade Qassem Soleimani” telah merencanakan untuk menyerang beberapa struktur publik dan keamanan di Bahrain. Laporan tersebut tidak memberikan kerangka waktu.

“Kami ingin memperjelas bahwa kasus ini kembali ke awal 2020 dan saat ini sedang diperiksa oleh pengadilan terkait,” kata pernyataan kementerian itu.

Otoritas Iran tidak segera dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Di masa lalu, Teheran membantah terlibat dalam urusan dalam negeri Bahrain.

Laporan oleh Akhar al-Khaleej mengatakan serangan yang gagal itu direncanakan untuk membalas pembunuhan Jenderal Iran Qassem Soleimani pada Januari di Irak oleh serangan pesawat tak berawak AS.

Dikatakan pasukan keamanan menggagalkan plot tersebut setelah menemukan alat peledak di daerah Badei yang dimaksudkan untuk menargetkan delegasi asing yang berkunjung. Surat kabar itu mengatakan sebuah kasus sedang dipersiapkan terhadap 18 terdakwa, sembilan di antaranya sekarang berada di Iran.

Komentar