Bangku Gubernur DKI Kosong Oktober 2022, Pengamat: Gibran Rakabuming Dinilai Berpeluang Maju

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka/Net

JurnalPatroliNews – Jakarta,- PDIP berpeluang mengusung Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Hal demikian dikatakan Ujang Komaruddin, Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia.

Disamping Gibran, Ujang juga menyebut nama Tri Rismaharini, Menteri Sosial.

Bacaan Lainnya

Namun, Ia menilai saat ini PDIP tengah berhati-hati dalam memunculkan nama Calonnya yang akan maju Pilkada DKI 2024 mendatang. Pasalnya, PDIP pernah mengalami kekalahan di Pilkada DKI 2017.

“Mungkin ada skema yang bisa saja dimunculkan oleh PDIP terkait dengan Risma dan Gibran,” kata

Menanggapi penilaian itu, Gibran tak banyak bicara. Ia menegaskan dirinya masih ingin memimpin Kota Solo, Jawa Tengah.

“Tidak ada. Saya masih fokus di Solo,” ujarnya, Jumat (7/1).

Gibran sendiri mengaku hingga saat ini tak ada partai yang melakukan pendekatan padanya terkait Pilkada DKI 2024.

PDIP masih merahasiakan nama calon Gubernur DKI yang akan diunggulkan pada Pilkada mendatang, padahal sejumlah Partai Politik sudah menyebutkan nama jagoan masing-masing.

Disinggung soal ini, Gembong Warsono, Sekretaris DPP PDIP DKI, menyebu,t pihaknya punya banyak kader Internal yang berkapasitas memimpin Jakarta. Karena itu, PDIP tak perlu melirik kalangan Profesional atau Kader Partai lain.

“Ya, perlu saya sampaikan bahwa PDIP memiliki banyak Kader yang berpotensi untuk kita majukan di DKI Jakarta, bebernya.

Diketahui, Tahun ini tidak ada Pilkada baik di level Bupati, Wali Kota, maupun Gubernur. Semua gelaran Pilkada akan dilakukan serentak pada 2024.

Masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang. Dengan demikian, Jabatan Gubernur di tujuh Provinsi akan kosong sampai akhirnya Gubernur baru terpilih.

Pos terkait