Bikin Merinding, Jenderal Kopassus TNI Taklukkan OPM Tanpa Sejata

  • Whatsapp

JurnalPatroliNews – Bagi masyarakat awam, mendengar nama pasukan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) tentu akan membuat nyali ciut. Akan tetapi, tidak demikian sosok seorang Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus ini punya kisah bagaimana menaklukkan gerakan separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) tanpa senjata.

Menurut data yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi TNI Angkatan Darat, Nyoman pernah menjadi orang nomor satu di Korps Baret Merah saat menjadi Danjen Kopassus periode 25 Januari 2019 hingga 26 Agustus 2020.

Namun sebelum ditunjuk sebagai Danjen Kopassus, Nyoman pernah bertugas di provinsi paling timur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), di mana ia memiliki pengalaman yang sangat berharga.

Pada 2017, pria krlahiran Buleleng, Bali 26 Juni 1967 ini menjabat Komandan Komando Resor Militer 173/Praja Vira Braja dan Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XVII/Cenderawasih. Nyoman mengisahkan bagaimana ia harus berhadapan dengan fakta adanya gerakan separatis OPM yang meresahkan masyarakat.

Sebagai seorang prajurit pasukan elite, Nyoman tentu bisa saja mengerahkan pasukannya untuk menumpas kelompok itu. Namun demikian, Perwira Tingi (Pati) TNI Angkatan Darat ini justru memilih untuk melakukan pendekatan dari hati ke hati dengan anggota kelompok tersebut.

Sosok Nyoman ternyata sangat menjunjung tinggi doktrin yang didapatnya di dunia militer. Nyoman yakin bahwa setiap prajurit adalah seorang manusia biasa yang juga punya perasaan.

“Kita sebagai pemimpin harus memimpin dengan hati. Perlu diketahui, prajurit itu atau orang yang berada di dekat kita adalah manusia yang punya perasaan, sama seperti kita sendiri. Kalau kita melayani dengan baik, maka dia akan setia dengan kita,” ujar Nyoman.

(viva)

Pos terkait