Bismillah ! Ini Amanah yang Harus Dijaga, Erick Thohir Resmi Terpilih Jadi Ketum MES yang Baru

JurnalPatroliNews – Jakarta, Menteri BUMN Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2024 dalam Musyawarah Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah yang berlangsung pada Sabtu (23/1).

Penetapan Erick sebagai Ketua Umum MES yang baru melalui keputusan 11 orang tim formatur yang dibentuk saat Munas berlangsung. Melalui proses diskusi yang cukup lama, tim formatur MES sepakat memilih Erick Thohir dengan beberapa pertimbangan dan masukan dari anggota.

Ketua tim formatur, KH. Ma’ruf Amin mengungkapkan proses penyaringan Ketua Umum MES didasarkan dari banyak aspek.

“Dipilihnya Pak Erick Thohir sebagai Ketua Umum MES yang baru ini melalui proses penyaringan yang cukup panjang. Banyak aspek yang dipertimbangkan, mulai dari kualifikasi, kompetensi, hingga komitmen terkait pengembangan ekonomi Syariah,” katanya mengutip keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (23/1/2021).

Menanggapi hal ini, Erick Thohir yang juga saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN mengatakan bahwa ini adalah amanah yang harus dijaga. Bismillah, ini adalah amanah yang harus saya jaga. Saya merasa terhormat bisa memimpin sebuah organisasi yang punya visi dan misi yang kongkrit untuk pengembangan ekonomi Syariah di Indonesia,” katanya.

Dia ingin membuktikan bahwa kondisi pandemi ini justru menjadi momentum bagi ekonomi syariah untuk bangkit dan memiliki daya tahan lebih baik terhadap gejolak dan krisis.

Terpilihnya Erick Thohir disambut baik oleh beberapa pengurus MES lainnya, Ketua Umum Pengurus Wilayah Khusus MES Jepang, Joko Widodo memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Erick Thohir.

“Selamat untuk pak Erick Thohir, di tangan beliau, kami berharap MES bisa bergerak lebih cepat dalam upaya memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” katanya.

Ketua Umum Pengurus Wilayah MES Provinsi NTB, Baiq Mulianah dan Ketua Umum Pengurus Daerah MES Bandung Barat, Dandin Sholihin juga memberikan tanggapan terkait terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum MES yang baru.

“Hadirnya pak Erick Thohir merupakan energi baru, kita semua menanti gebrakan dan strategi dari beliau untuk MES kedepannya” ujarnya Baiq.

Dandin sendiri berharap, di tangan Erick, MES bisa mengambil langkah berani dalam menjawab tantangan kedepannya.

“Kami berharap pak Erick mampu menjalankan roda kepengurusan MES dengan langkah yang berani, seperti apa yang dilakukan beliau di Kementerian BUMN kemarin,” pungkasnya.

Adapun Erick Thohir menggantikan pendahulunya yaitu Wimboh Santoso yang juga merupakan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Wimboh menduduki posisi Ketua Umum MES periode 2018 sampai 2021.

(*/lk)

Komentar