Gawat! Ada Potensi ‘Krisis’ Vaksin Covid-19 Hingga 2024

  • Whatsapp
Foto: Vaksin Covid-19 dari Rusia.

JurnalPatroliNews – Jakarta, Produsen vaksin terbesar di dunia, Serum Institute of India, mengingatkan akan adanya potensi tidak cukup vaksin Covid-19 yang tersedia bagi semua orang di dunia hingga 2024.

Chief Executive Serum Institute of India Adar Poornawalla mengatakan perusahaan farmasi belum meningkatkan kapasitas produksi untuk memvaksinasi penduduk dunia secara cepat.

Bacaan Lainnya

“Ini akan memakan waktu empat hingga lima tahun sampai semua orang di planet ini mendapat vaksin,” ujarnya kepada Financial Times. Ia menghitung jika vaksin Covid-19 butuh 2 dosis per orang dibutuhkan 15 miliar vaksin.

Berbasis di Kuta Pune, India Barat, Serum Institute of India telah bermitra dengan lima perusahaan farmasi international termasuk AstraZeneca dan Novavax, untuk mengembangkan vaksin Covid-19. Perusahaan ini berkomitmen memproduksi 1 miliar dosis, di mana setengahnya akan diberikan bagi India.

Serum Institute of India memproduksi 1,5 miliar dosis vaksin per tahun untuk digunakan di lebih dari 170 negara guna melindungi penduduk dari penyakit menular seperti polio, campak, dan influenza. Perusahaan juga merupakan pemasok vaksin di sebagian besar negara berkembang.

Pada Mei lalu, Chief Scientist World Health Organization (WHO) Soumya Swaminathan memprediksi dibutuhkan waktu empat hingga lima tahun hingga pandemi ini terkendali. Vaksin dianggap sebagai jalan keluar terbaik namun bisa saja kurang ampuh karena adanya mutasi virus yang membuat vaksin tak efektif.

Direktur Eksekutif Foundation for Vaccine Research AS Peter Hale mengungkapkan jika dibutuhkan dua atau lebih dosis vaksin untuk melindungi setidaknya 75% populasi dari infeksi virus maka tiga perempat populasi ini akan selesai divaksinasi pada pertengahan 2023.

“Ini seharusnya cukup untuk mengekang penyebaran infeksi dan menghilangkan pandemi, meski tak cukup baik untuk menghapus virus itu dari sejarah,” jelas Peter Hale.

(cnbc)

Pos terkait