18 dibaca,  1 dibaca hari ini

JurnalPatroliNews – Denpasar – Peran aktif seluruh jajaran sangat dibutuhkan dalam mengawal dan menjaga jalannya pemilihan serentak tahun 2020, dengan mengedepankan prinsip netralitas. Segenap komponen masyarakat harus bersatu padu secara profesional dan proporsional dalam bersikap dan bertindak ketika mengatasi berbagai persoalan yang akan muncul dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 khususnya di Provinsi Bali.

Sehubungan dengan hal itu, pada hari Kamis (02/07/2020) di Ruang Air Langga Makodam IX/Udayana, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara secara virtual mengikuti video conference kegiatan Apel Siaga dalam jaringan dengan KPU Pusat dan KPU Provinsi Bali serta Polda Bali termasuk KPU Kabupaten dan Kota se Provinsi Bali, guna mensukseskan seluruh rangkaian Pemilihan Serentak di Provinsi Bali tahun 2020 agar dapat berjalan aman dan lancar serta kondusif.

Kegiatan vidcon Apel Siaga yang mengusung tema “Bali Siap Pemilihan Serentak” tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, diikuti peserta dalam jaringan dari Polda Bali dan KPU Provinsi Bali, termasuk juga seluruh KPU se Kabupaten dan Kota Provinsi Bali, serta hadir mendampingi Pangdam antara lain Danrem 163/Wira Satya, Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana dan Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana.

Dalam Kesempatan itu Pangdam menyampaikan bahwa apel siaga dalam jaringan ini merupakan suatu bentuk bagaimana kesiapan masing-masing petugas penyelenggara Pemilu termasuk petugas pengamanan untuk mensukseskan Pemilu Serentak Tahun 2020 nantinya.

“Keberhasilan Pemilu ini, disamping bagaimana peran KPU yang diawasi oleh Bawaslu dalam menyelenggarakan Pemilu tersebut, termasuk sangat penting peran serta dari aparat keamanan, sehingga Kodam IX/udayana bertekad untuk siap membantu Polda Bali guna mensukseskan tahapan Pemilu Serentak tahun 2020 di Provinsi Bali”, ungkap Pangdam.

Disela-sela kegiatan tersebut Kapendam IX/Udayana dalam rilisnya menyampaikan kegiatan ini adalah untuk mengecek kesiapan masing-masing KPU Kabupaten Kota se Provinsi Bali dalam menggelar Pemilihan Serentak Tahun 2020 Provinsi Bali termasuk kesiapan dari petugas keamanan TNI dan Polri serta petugas lainnya.

Lebih lanjut Kapendam menjelaskan, peran serta Kodam IX/Udayana mulai dari Korem dan Kodim sampai ketingkat Koramil dan Babinsa memiliki nilai yang sangat strategis dalam mensukseskan Pemilu Serentak tahun 2020 di Provinsi Bali dalam memberikan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dan mengedukasi guna mensukseskan Pemilu tersebut.

“Kodam IX/Udayana siap mendukung dan mensukseskan penyelenggara Pemilu Serentak tahun 2020 di Provinsi Bali, ikut serta dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk berpartisipasi dan memberikan edukasi serta tetap bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada Serentak tersebut,” tutup Kapendam. (Pendam IX/Udayana – TiR).-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *