Hadiri KTT BRICS Afrika Selatan, Jokowi Lantang: Sebut Dunia Tak Berhak Halangi Hilirisasi RI

Untuk itu, menurut Eks Gubernur DKI Jakarta ini, negara berkembang harus bersatu untuk memperjuangkan hak-haknya. Bahkan, menyinggung hilirisasi industri yang semestinya tidak dihalangi.

“Diskriminasi perdagangan harus kita tolak, hilirisasi industri tidak boleh dihalangi. Kita semuanya harus terus menyuarakan kerja sama yang setara dan inklusif. BRICS dapat menjadi bagian terdepan untuk memperjuangkan keadilan pembangunan dan mereformasi tata kelola dunia yang lebih adil,” kata Jokowi.

Selain menghadiri forum itu, Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara. Dari keterangan Kementerian Luar Negeri, diterangkan serangkaian pertemuan bilateral direncanakan dengan beberapa negara, seperti Democratic Republic of Congo, juga tuan rumah KTT BRICS Afrika Selatan.

Selain itu secara terpisah, Deputi Bidang Protokol, Pers dan media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Jokowi bakal menjadi pembicara dalam KTT BRICS sebagai presiden RI dan juga dalam kapasitas sebagai Ketua ASEAN.

Komentar