Hadiri KTT BRICS Afrika Selatan, Jokowi Lantang: Sebut Dunia Tak Berhak Halangi Hilirisasi RI

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadiri forum Friends of BRICS Dialogue dalam rangkaian KTT BRICS di Afrika Selatan, Kamis (24/8/2023). Dalam sambutannya, Jokowi bicara soal kondisi dunia sekarang.

“Yang mulia, dunia saat ini seakan bergerak tanpa nakhoda, seakan bergerak tanpa kompas yang jelas,” katanya.

Jokowi menyebut perang dan konflik menyebabkan tragedi kemanusiaan, hingga krisis pangan yang mengakibatkan puluhan juta orang jatuh miskin. Permasalahan dunia juga ditambah dengan ancaman perubahan iklim yang mengintai seluruh umat manusia.

“Dari pandemi kita telah diajarkan bahwa krisis global tidak akan bisa selesai kalau kita bekerja sendiri-sendiri atau oleh sekelompok negara saja. Dibutuhkan kolaborasi dan solidaritas bersama untuk mengatasinya.” kata Jokowi.

Kepala negara menyinggung kehadirannya dalam forum itu sebagai salah satu pemimpin Global South yang menginginkan solusi yang tidak merugikan pihak manapun. Juga keinginan menghidupkan kembali Spirit Bandung.

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada semua pihak yang menghadiri forum itu untuk menghormati hukum internasional dan hak asasi manusia.

“Kita semua melihat tatanan ekonomi dunia saat ini sangat tidak adil, gap pembangunan semakin lebar, rakyat miskin dan kelaparan semakin bertambah dan situasi ini tidak boleh dibiarkan,” katanya.

Komentar