HeadlinePolitik

Inilah 9 Tuntutan Rakyat Papua di Nabire Ke Negara Indonesia

Avatar
×

Inilah 9 Tuntutan Rakyat Papua di Nabire Ke Negara Indonesia

Sebarkan artikel ini

Jurnalpatrolinews – Jayapura : Berikut ini adalah 9 tuntutan dengan tegas dari Rakyat Papua di Nabire Ke Negara Indonesia

1. Kami menolak dengan tegas perpanjangan pemberlakuan Otonomi Khusus Jilid II dalam bentuk dan nama apapun di teritori West Papua [Provinsi Papua dan Papua Barat].

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

2. Menolak segala bentuk kompromi sepihak serta agenda-agenda pembahasan dan keputusan yang tidak melibatkan Rakyat Papua selaku subjek dan objek seluruh persoalan di Papua.

3. Segera kembalikan kepada Rakyat Papua untuk memilih dan menentukan nasibnya sendiri apakah Rakyat Papua menerima Otsus atau merdeka sebagai sebuah negara.

4. Kami mendukung suara 1,8 juta Rakyat Papua yang telah menandatangani petisi pada tahun 2017 yang meminta supervisi Internasional dalam Penentuan Nasib Sendiri Melalui Referendum.

5. Mengutuk dan bubarkan Rapat Dengar Pendapat [RDP] yang dibentuk oleh Gubernur dan Majelis Rakyat Papua [MRP] untuk loloskan Otsus Plus.

6. Tarik Militer dan Hentikan Penyisiran di Intan Jaya, Nduga, Yahukimo, Oksibil dan Timika serta seluruh Tanah Papua.

7. Mengutuk dengan tegas penembakan yang dilakukan oleh TNI terhadap Pendeta Yermias Zanambani pada 19 September 2020 di Intan Jaya dan Pendeta Gemin Nirigi pada 19 Desember 2018 di Nduga.

8. Menolak Pilkada di Nabire dan menghimbau kepada seluruh Rakyat untuk Golput.

9. Bila petisi ini tidak ditanggapi. Maka, kami akan melakukan Mogok Sipil Nasional secara damai dan bermartabat di seluruh wilayah West Papua.  (jelatanp 25 sept 2020)