Kabar Beredar, Ada Barisan Pendeta Perjuangkan Papua Merdeka Pakai Dana Otsus

  • Whatsapp
Ilustrasi. (Dok. Jawapos)

JurnalPatroliNews – Papua,– Masyarakat Papua belakangan ini diresahkan dengan munculnya barisan pendeta sakit hati yang mendirikan Dewan Gereja Papua.

Pendirian dewan gereja diketahui didukung oleh sinode gereja Gereja Injil di Tanah Papua (GIDI) yang diketuai Pendeta Dorman Wanimbo, sinode gereja Baptis Papua diketuai Pendeta Socrates Yoman dan sinode gereja Kemah Injil Papua (KINGMI) dengan ketua Pendeta Benny Giay. Tiga sinode yang selama ini menjadi oposisi sinode Gereja Kristen Indonesia (GKI).

Bacaan Lainnya

Kabar yang diperoleh redaksi, Jumat (7/5), sejumlah tokoh masyarakat Papua meminta agar penegak hukum mencekal tiga pendeta tersebut karena sering melakukan kegiatan-kegiatan anti NKRI dengan menggunakan dana Otonomi Khusus Papua. Mereka menggelar kegiatan-kegiatan itu atas nama gereja.

Ironisnya, ketiga pendeta itu juga disebut kerap melakukan safari politik di luar negeri untuk menggalang dukungan bagi kemerdekaan Papua.

Sejauh ini, para tokoh masyarakat juga sudah mengimbau pihak terkait agar bantuan dana Otsus Papua untuk tokoh agama lebih selektif agar tidak disalahgunakan.

(askara)

Pos terkait