Duuuh..!! Pendeta dan Pelayanan Khusus Saling “Melayani” Luar Dalam

JurnalPatroliNews – Manado,- Perselingkuhan ini sudah keterlaluan diluar batas dan membuat malu GMIM sebagai institusi keagamaan terbesar di Sulawesi Utara, dan umat Kristiani pada umumnya

Diawali oleh pertemuan di pelayanan dua insan lawan jenis yang sama sama telah berkeluarga ini menjalin cinta terlarang seperti apa yang dituturkan oleh Hendrik Dimpudus suami dari Yolanda M Rotinsulu yang melakukan perselingkuhan dengan Pdt Yamsi Jems Imon, S.Th.

Bermula sekitar 7 tahun yang lalu ketika Pdt Yamsi J Imon, S. Th ditugaskan di GMIM Jerusalem sebagai seorang Vicaris (Pdt muda) karena dedikasi dan kompetensi beliau di dalam pelayanan yang tinggi diangkatlah beliau oleh sinode GMIM menjadi Pendeta Jemaat dan ditugaskan pada gereja yang sama.

Di pelayanan itulah Pdt Yamsi J Imon, S. Th bertemu dengan Yolanda M Rotinsulu, S. Pd seorang ibu muda yang sehari hari bekerja sebagai Guru SD. YMR merupakan seorang syamas/Diaken yang merupakan bendahara gereja yang bertugas mengelola keuangan, kas dan perbendaharaan gereja.

Dalam Tugas Ke pelayanan Pdt. YJI dan YMR sering bertemu untuk urusan gereja, Pdt YJi merupakan seorang pendeta jemaat yang sangat luas bergaul dan sangat cakap dalam hal bicara dan meyakinkan orang, oleh itulah beliau mempunyai pengaruh yang kuat di jemaat dan Gereja.

Karunia itu disalah gunakan, Pdt YJI mulai tebar pesona untuk merayu dan memikat YMR. Pastori tempat Pdt tinggal hanya berjarak 2 blok dari rumah YMR dan mereka berada pada kolom yang sama.

Rapat gereja, rapat kolom, kunjungan orang sakit dan lain sebagainya sebagai ajang kebersamaan dua insan ini 

Hubungan gelap antara Pendeta dan Diaken ini di perkirakan sudah berlangsung kurang lebih 3 tahun.

Perselingkuhan  ini jemaat dan lingkungan tidak mengetahuinya bahkan HD suami dari Yolanda M Rotinsulu tidak menaruh curiga pada istrinya.

Pendeta YJI dan YMR sangat lihai menutupi perselingkuhanya denganmu kedok Pelayanan Jemaat.

Hari demi hari tidak ada yang terlewati YJI dan YMR memadu kasih di pastori, mobil, dirumah saudara dan di tempat tempat yang telah di sepakati.

Pada tanggal 14 November 2021 pdt Yamsi Jems Imon, S. Th di mutasikan di GMIM Bukit Moria Kolongan Maumbi. Pada acara pelepasan jemaat memberikan appresiasi dan pelepasan secara meriah dengan mengundang banyak jemaat dan di hadiri pejabat teras di Minahasa Utara.

Kepindahan tugas Pdt Yamsi J Imon tidak menghentikan hubungan mereka hampir setiap hari mereka bertemu.

Kasus ini terbongkar ketika Hendrik Dimpudus suami dari Yolanda M Rotinsulu mendapati bukti bukti berupa video mesum, chating chating mesum mereka berdua dari HP YMR. Yang diambil secara diam diam disaat YMR tidur oleh anak YMR dan bukti berupa rekaman video mesum dan foto chating chating mesum tersebut di berikan kepada Bapak nya (ortu) /HD

Atas kasus tersebut HD yang sehari hari sebagai anggota Polri di Polres Minut telah mengajukan gugatan cerai kepada YMR dan mendaftarkan nya di Pengadilan Negri minut dan kepada mereka berdua HD akan memproses secara hukum atas tindak perselingkuhan antara Pdt Yamsi Jems Imon, S. Th dengan Yolanda M Rotinsulu dengan melaporkan ke polres Minut.

Dan atas tindakan yang tidak bermoral yang dilakukan oleh Pdt Yamsi Jems Imon, S. Th yang seharusnya menjadi teladan dan panutan bagi jemaat, tetapi dalam tindakannya tidak menjaga kesucian sebagai hamba Tuhan dan telah mempermalukan jemaat, gereja, Sinode dan umat Kristen pada umumnya.

HD sebagai korban dari perselingkuhan tersebut menuntut kepadaku Sinode GMIM di Tomohon untuk segera mungkin Memecat Pdt Yamsi Jems Imon, S. Th dengan tidak hormat

Dan kepada gereja dimana beliau sekarang bertugas digereja Kolongan Maumbi Minut untuk menonaktifkan dari tugas dan ke pelayanan gereja.

(Andreas Sabawa)

Komentar