Kotak Fakta: Hizbullah Yang Bersenjata Lengkap Adalah Kelompok Paling Kuat di Lebanon

  • Whatsapp
Foto : Reuters

JurnalPatroliNews – BEIRUT  – Empat tersangka dari gerakan Syiah bersenjata Lebanon Hizbullah telah diadili secara in absentia oleh Pengadilan Khusus untuk Lebanon yang didukung PBB atas pembunuhan mantan perdana menteri Rafik al Hariri tahun 2005. Vonis jatuh tempo pada hari Selasa.

Hizbullah, yang didukung oleh Iran dan merupakan sekutu dekat Suriah, telah membantah terlibat dalam pemboman tahun 2005. Berikut adalah beberapa latar belakang grup:

Bacaan Lainnya

PENGADILAN:

* Pemimpin Hizbullah, Sayyed Hassan Nasrallah, menuduh pengadilan melayani agenda politik – untuk melemahkan Hizbullah – dan mengatakan itu adalah alat musuhnya di Amerika Serikat dan Israel.

* Tak satu pun dari empat tersangka yang disebutkan telah ditahan oleh otoritas Lebanon. Hizbullah mengatakan mereka tidak akan melakukannya. Surat dakwaan mengatakan para tersangka terkait dengan serangan itu sebagian besar oleh bukti tidak langsung yang diperoleh dari catatan telepon. Hizbullah mengatakan tuduhan itu dibuat-buat.

SEJARAH:

* Didirikan pada tahun 1982 oleh Pengawal Revolusi Iran, Hizbullah (Partai Tuhan) adalah kelompok paling kuat di Lebanon berkat milisi bersenjata lengkap yang berperang beberapa kali dengan Israel. Itu tumbuh lebih kuat setelah bergabung dalam perang di Suriah pada tahun 2012 untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad.

* Ini adalah gerakan politik dan tentara gerilya, menarik dukungannya dari kalangan penduduk Syiah Lebanon. Kelompok itu dan sekutunya membantu membentuk pemerintahan Lebanon saat ini.

* Gudang senjata Hizbullah telah menjadi poin perdebatan utama. Kelompok itu mengatakan senjata mereka dibutuhkan untuk menghalangi Israel dan, baru-baru ini, untuk menjaga dari pemberontak Islam di Suriah.

* Hizbullah telah ditunjuk sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Inggris, Argentina dan Honduras serta sekutu AS, terutama Dewan Kerjasama Teluk Muslim Sunni, yang meliputi Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Kuwait . Uni Eropa mengklasifikasikan sayap militer Hizbullah sebagai kelompok teroris, tetapi bukan sayap politiknya.

* Kelompok bayangan, yang menurut pejabat keamanan Lebanon dan intelijen Barat terkait dengan Hizbullah, melancarkan serangan bunuh diri terhadap kedutaan dan sasaran Barat serta menculik orang Barat pada 1980-an. Sebuah pemboman bunuh diri menghancurkan markas Marinir AS dan barak militer Prancis di Beirut pada tahun 1983, menewaskan 241 prajurit AS dan 58 pasukan terjun payung Prancis. Satu kelompok, Jihad Islam, diperkirakan dipimpin oleh Imad Moughniyah, seorang komandan militer senior Hizbullah yang dibunuh – kemungkinan oleh Israel – pada tahun 2008 di Suriah.

* Argentina menyalahkan Hizbullah dan Iran atas pemboman pusat komunitas Yahudi di Buenos Aires di mana 85 orang tewas pada tahun 1994 dan atas serangan terhadap kedutaan besar Israel di Buenos Aires pada tahun 1992 yang menewaskan 29 orang. Keduanya menyangkal tanggung jawab apapun.

* Bulgaria menuduh Hizbullah melakukan serangan bom yang menewaskan lima turis Israel di kota Burgas di Laut Hitam pada tahun 2012.

PEMERINTAH:

* 2005: Hizbullah memasuki politik Lebanon lebih jelas setelah pasukan Suriah meninggalkan Lebanon dan koalisi faksi anti-Suriah mengambil alih kekuasaan setelah pemilihan yang memberi Hizbullah 14 kursi di parlemen 128 kursi.

* 2006: Hizbullah dan sekutunya mundur dari pemerintahan yang dipimpin oleh perdana menteri yang didukung Barat, Fouad Siniora, karena penolakan koalisi yang memerintah untuk memberikan hak veto yang efektif kepada oposisi.

* 2008: Hizbullah bentrok dengan musuh domestik dan merebut Beirut barat sebentar. Setelah mediasi, para pemimpin saingan menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri konflik politik selama 18 bulan.

* 2011: Perang saudara Suriah menyebabkan kelumpuhan politik selama bertahun-tahun di Lebanon. Pada bulan Januari, pemerintahan pertama Saad al-Hariri, putra Rafik al-Hariri, digulingkan ketika Hizbullah dan sekutunya mundur karena pengadilan yang didukung PBB. Enam bulan kemudian, Perdana Menteri Najib Mikati mengumumkan pemerintahan yang didominasi oleh Hizbullah dan sekutunya.

* 2016: Hariri membuat kesepakatan yang menjadikan Michel Aoun sebagai sekutu Hizbullah sebagai presiden, dan dia menjadi perdana menteri. Hubungan Hariri dengan Riyadh, yang marah dengan peran Hizbullah yang semakin meluas, mencapai titik terendah pada tahun 2017.

* 2018: Hizbullah dan sekutunya memenangkan mayoritas parlemen.

* 2019: Protes pecah terhadap krisis ekonomi. Hariri berhenti pada bulan Oktober. Hizbullah dan sekutunya mendukung Hassan Diab sebagai perdana menteri. Pemerintah Diab yang mulai menjabat pada Januari 2020 mengundurkan diri karena bencana ledakan pelabuhan Beirut pada 4 Agustus.

KONFLIK

* Resolusi Dewan Keamanan PBB 1559, disponsori oleh Amerika Serikat dan Prancis dan diadopsi pada tahun 2004, menyerukan agar semua milisi Lebanon dibubarkan dan dilucuti. Hizbullah adalah satu-satunya milisi yang mempertahankan senjatanya sejak perang saudara.

* 2012: Pejuang Hizbullah yang ditempatkan di Suriah memainkan peran utama dalam melawan pemberontakan melawan Assad.

* 2006: Pejuang Hizbullah memasuki Israel dan menculik dua tentara Israel dan membunuh lainnya, memicu perang yang menewaskan 1.200 orang di Lebanon, sebagian besar warga sipil, dan 158 warga Israel, sebagian besar tentara.

* Hizbullah bertempur selama bertahun-tahun melawan pasukan Israel yang menduduki Lebanon selatan sampai penarikan mundur Israel pada tahun 2000.

Reuters

Pos terkait