Satgas Pamtas Yonif 125 Gelar Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 Bersama Aparat Setempat dan Warga Perbatasan

Jurnalpatrolinews – Merauke : Ditengah situasi pandemi Covid-19, Satgas Pamtas Yonif 125/Simbisa bersama aparat pemerintah setempat dan warga perbatasan melaksanakan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dengan penuh khidmat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/Simbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Senin (17/8/2020).

Dansatgas mengungkapkan, perayaan Hari Kemerdekaan RI biasanya digelar dengan meriah di seluruh pelosok tanah air, baik di kota maupun di desa-desa. Namun perayaan 17-an tahun ini berbeda dari biasanya, sebab masih dalam masa pandemi Covid-19.  “Kegiatan yang menyebabkan keramaian atau pengumpulan massa ditiadakan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, guna mencegah penyebaran Covid-19, peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini memang tidak seperti biasanya.  Berbagai perlombaan seperti tahun-tahun sebelumnya ditiadakan, kendati demikian diharapkan tidak menghilangkan kekhidmatan maupun makna dari peringatan detik-detik Proklamasi itu sendiri.

“Justru pada masa-masa sulit seperti sekarang ini, sebagai anak bangsa kita tunjukkan semangat nasionalisme dan patriotisme,” ucapnya.

Dansatgas menambahkan, peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia bukan hanya sekedar semarak dan ramai dengan kegiatan lomba-lomba, akan tetapi jauh lebih penting untuk lebih memaknai dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya dalam merebut kemerdekaan.

“Sungguh kita sangat bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa dan berterimakasih kepada para pahlawan atas kemerdekaan yang saat ini kita nikmati,” katanya.

“Tugas kita sekarang adalah mengisi kemerdekaan dengan karya nyata dan kreatifitas yang positif dalam  membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama,” tambahnya.