Mars Dekati Bumi 6 Oktober, Berbahayakah?

  • Whatsapp
Planet Mars dekati Bumi.

JurnalPatroliNews – Jakarta,  Bagi kalian pecinta astronomi, bersiaplah untuk menyaksikan planet Mars yang cerah, dan besar sepuasnya. Kejadian ini bisa kalian saksikan pada 6 Oktober 2020.

Pada 6 Oktober, jarak Mars ke Bumi hanya 62,1 juta kilometer. Ini adalah jarak terdekat selama 15 tahun ke depan. Pengamat bintang bisa menikmati Mars dengan atau tanpa teleskop.

Melansir Space Alert, Senin (5/10/2020), Mars akan berada di wilayah langit malam dengan sangat sedikit bintang, dan jika beruntung, kalian dapat melihat Jupiter dan Saturnus yang bersinar terang lebih dekat ke cakrawala.

Apakah fenomena ini membahayakan Bumi? Ternyata tidak. Bumi dan Mars memiliki orbit yang sedikit elips. Ini yang membuat Bumi dan Mars bisa sangat dekat satu sama lain tetapi tidak bertabrakan.

Pertemuan terdekat yang mungkin terjadi adalah ketika Bumi berada paling jauh dari Matahari (aphelion) dan Mars paling dekat dengan Matahari (perihelion). Pada titik ini jarak keduanya paling sedikit 54,6 juta kilometer. Konfigurasi ini disebut oposisi, dan itu terjadi setiap dua tahun atau lebih.

Mars yang mendekati Bumi pulalah jadi salah satu alasan Amerika Serikat (AS), China, Uni Emirat Arab (UEA) pada Juli dan awal Agustus lalu meluncurkan misi ke Mars. Dengan memanfaatkan fenomena alam ini maka jarak tempuh dari Bumi ke Mars semakin singkat.

Prediksi jarak Mars ke Bumi terdekat akan terjadi pada 2029 dengan puncaknya pada 2035 dengan jarak 56,9 juta kilometer.

(cnbc)

Pos terkait