Azerbaijan : Armenia Melancarkan Serangan Rudal Di Pinggiran Kota Baku

Jurnalpatrolinews – Baku : Republik Azerbaijan mengatakan musuh Armenia-nya telah melancarkan serangan rudal ke daerah dekat ibukota Azeri, Baku. 

Ajudan presiden Azerbaijan, Hikmet Hajiyev, men-tweet pada hari Minggu bahwa militer Armenia telah menargetkan rayon Absheron di pinggiran Baku serta kota Xızı yang terletak 104 km di utara ibu kota.

“Pasukan Armenia menembakkan dua rudal jarak menengah (300 km) terhadap Absheron dan Xızı pada hari Minggu pukul 23:10 (waktu setempat),” katanya dalam tweetnya.

Jaksa Agung Azerbaijan mengatakan kota Mingecevir, yang terletak 308 km di barat Baku, juga telah menjadi sasaran tiga rudal Armenia.

Dalam serangan ini, lima warga sipil terluka dan dipindahkan ke rumah sakit, kata pejabat Azeri.

Kantor kejaksaan mengatakan total 19 warga sipil tewas pada 3 Oktober dan 63 lainnya luka-luka sementara 44 situs nonmiliter dan 181 rumah hancur akibat serangan pasukan Armenia.

Ini termasuk serangan roket terhadap kota terbesar kedua di Azerbaijan, Ganja, yang menewaskan satu warga sipil dan melukai empat lainnya.

Armenia, di sisi lain, mengatakan kota utama Nagorno-Karabakh, Stepanakert, yang telah di bawah tembakan artileri sejak Jumat, dihantam lagi pada hari Minggu dan wartawan AFP mengatakan ada ledakan reguler dan awan asap hitam membubung di beberapa bagian kota.

Uni Eropa menyerukan gencatan senjata segera 

Josep Borrell, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, mengatakan pada Minggu bahwa “peningkatan korban sipil tidak dapat diterima” dan bahwa “pertempuran harus segera dihentikan”.

 

Komentar