Menkop UMKM Hadiri Acara, BRI Brilianpreneur UMKM EXPO[RT] 2020, Diikuti 400 UMKM

  • Whatsapp

JurnalPatroliNews – Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menggelar Brilianpreneur UMKM EXPO[RT] 2020, pameran yang menampilkan karya-karya Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) dalam bentuk instalasi seni memikat. Bertajuk Brilianpreneur UMKM EXPO[RT] 2020, ajang ini akan diikuti oleh 400 UMKM.

Karya-karya 400 UMKM tersebut dipamerkan dalam empat kategori berbeda, yaitu Fashion, Accessories & Beauty, Home Decor & Craft, dan Food & Beverage. Sebanyak 400 UMKM tersebut merupakan hasil kurasi dari 2.000 UMKM pendaftar yang berasal dari 32 provinsi dan 219 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

BACA JUGA :

Kriteria kurasi penilaian mencakup berbagai aspek. Mulai dari desain produk, inovasi, produk yang berkelanjutan secara sosial dan lingkungan, serta produk yang bisa diekspor.

Pameran ini jadi langkah konkret Bank BRI untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional, terutama untuk UMKM yang terdampak pandemi.

“Program UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2020 ini merupakan salah satu strategi kami dalam memberdayakan UMKM naik kelas dan mempersiapkan pelaku usaha untuk memasuki pasar global dan kami siap membantu mereka dalam mengekspor produk,” ujar Direktur Utama Bank BRI Sunarso dalam keterangan tertulis.

Acara ini merupakan acara kedua setelah sebelumnya sukses digelar pada tahun 2019 silam. Pihak Bank BRI berhasil menghadirkan 74 buyer dari 16 negara dari Asia, Australia, hingga Finlandia. Bank BRI pun mampu memfasilitasi 23 kontrak senilai USD 33,5 juta atau Rp 473 miliar antara para pelaku UMKM dengan buyer.

Lebih lanjut Sunarso menyampaikan bahwa tahun ini Bank BRI optimis bisa memfasilitasi lebih dari 23 kontrak dan berharap nilai kontraknya bisa mencapai USD 50 juta.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih dari itu dan nilainya syukur-syukur bisa melebihi 50 juta dollar AS sudah bagus,” harapnya

Di tahun keduanya ini, BRILianpreneur menghadirkan rangkaian program menarik dan berharga bagi para penonton. Mulai dari business matching, talkshow, coaching clinic, artist performance, dan MSME Awards. Acara talkshow dan coaching clinic digelar pada 1-15 Desember 2020, sedangkan artis performance digelar pada 13-18 Desember 2020.

Sejumlah narasumber yang berasal dari Menteri, pimpinan Bank BRI, hingga tokoh nasional dihadirkan untuk meramaikan acara ini. Antara lain Menteri BUMN, Erick Thohir, Menkop UMKM Teten Masduki, Menteri Pariwisata, Wishnutama, Komisaris Utama Bank BRI, Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Kemendes PDTT, Budi Arie Setiadi dan Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar.

Selain itu, masih banyak lagi UMKM, tokoh nasional, dan para pakar atau ahli yang mengisi rangkaian acara Brilianpreneur UMKM EXPO[RT] 2020, Adapun penampilan artis performance dan musik akan diisi oleh Pamungkas, Afgan, Randy Pandugo, dan Raisa.

Acara Brilianpreneur UMKM EXPO[RT] 2020 bisa disaksikan melalui vidio.com atau YouTube dan Instagram resmi Bank BRI. Masyarakat juga bisa langsung datang ke gelaran ini setelah melakukan registrasi melalui https://www.brilianpreneur.com/.

(*/lk)

Pos terkait