Mulai Senin Besok, Anies Terapkan : Sistem Buka-Tutup Pasar Tanah Abang

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bakal menerapkan sistem buka-tutup di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat mulai Senin (3/5) besok untuk mencegah kerumunan pengunjung.

Kebijakan tersebut diberlakukan menyusul lonjakan pengunjung di pasar grosir terbesar di Asia Tenggara tersebut beberapa hari belakangan. Apalagi, mengingat saat ini wabah virus corona masih merebak di Indonesia, termasuk DKI Jakarta.

“Disiapkan petugas ketika jumlah orang di dalam pasar masih banyak maka pintu ditutup sehingga warga tidak bisa masuk sampai jumlahnya berkurang,” kata Anies di Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5).

Pemprov DKI, kata Anies, juga telah berkoordinasi dengan petugas di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terkait rekayasa lalu lintas di sekitar Pasar Tanah Abang.

Nantinya, jika kapasitas Pasar Tanah Abang penuh, maka lalu lintas atau jalan di sekitarnya juga akan dilakukan penutupan.

“Jadi kebijakan tertutup ini akan diberlakukan besok. Buka tutup pintu pasar pengendalian masuk keluar lewat stasiun dan juga penertiban di jalan-jalan sekitar kawasan tanah Abang,” tutur Anies.

Lebih lanjut, Anies mengimbau masyarakat untuk tak berbondong-bondong berbelanja di Pasar Tanah Abang. Dia pun mengingatkan, Jakarta memiliki banyak pasar lain yang bisa menjadi alternatif bagi warga untuk berbelanja.

“Kami menganjurkan untuk mendatangi berbagai pasar di Jakarta, selain Pasar Tanah Abang. Dengan begitu masyarakat bisa mendapatkan barang tanpa beresiko kerumunan dengan mendatangi tempat yang lain,” ucap Anies.

Sebelumnya, Anies mengungkapkan terjadi lonjakan jumlah pengunjung di Pasar Tanah Abang hingga 100 ribu orang pada Minggu (2/5) hari ini.

“Jadi berbeda dengan hari-hari sebelumnya hari Sabtu kemarin terjadi lonjakan jumlah pengunjung dari hari-hari sebelumnya sekitar 35 ribu, kemarin melonjak menjadi 87 ribu, dan hari ini data sementara diperkirakan sekitar 100 ribu pengunjung,” beber Anies dalam konferensi pers di Blok A Pasar Tanah Abang.

(*/lk)

Komentar