Pangdam XII/Tpr : Di Tengah Kondisi Kompleksitas Bangsa, Pengamanan Pilkada Berpedoman Protokol Kesehatan

JurnalPatroliNews, Pontianak Kalbar – Dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020, TNI-Polri di Kalimantan Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Pengamanan Pilkada Serentak dan Penanganan Covid-19 secara virtual bertempat di Graha Khatulistiwa Mapolda Kalbar.

Rapat dipimpin Kapolda Kalbar, Irjen Pol Remigius Sigit Triharjanto dan Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, yang diikuti oleh para Dandim dan Kapolres se-Kalbar.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, pelaksanaan Pilkada tahun ini sedemikian kompleknya. Namun demikian keputusan pemerintah tetap melaksanakannya.

“Oleh karena itu, ini menjadi tugas kita semua untuk bisa mengamankan pelaksanaan Pilkada,” ujar Pangdam Rabu (9/9)

Pangdam juga menyampaikan, pelaksanaan Pilkada bersamaan dengan operasi penanganan Covid-19, kemudian beberapa wilayah masih ada bencana seperti banjir dan titik api yang rawan akan terjadi Karhutla. Oleh karena itu TNI-Polri harus bisa memanage personelnya agar semua tugas-tugas dapat dilakukan dengan baik.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menekankan perlunya komitmen bersama dalam pelaksanaan Pilkada dikaitkan dengan penanganan Covid-19. Dari tahapan pendaftaran dibeberapa wilayah masih terdapat pengerahan massa sehingga rawan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

“Harus ada komitmen bersama atau pernyataan sikap dari para calon dan pendukungnya untuk mematuhi protokol kesehatam dalam rangka menjaga penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing,” tegas Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Sedangkan Kapolda Kalbar Irjen Pol Remigius Sigit Triharjanto menyampaikan, menindak lanjuti instruksi Presiden RI Nomor 06 tahun 2020 di mana disitu ditegaskan bahwa TNI dan Polri harus mendukung pemerintah daerah dalam hal ini Provinsi ataupun Walikota/Bupati untuk menegakkan dan mendisiplinkan masyarakat agar mentaati protokol kesehatan.

Selain instruksi Presiden, kata Irjen Pol Remigius Sigit Triharjanto ada peraturan gubernur terkait penanganan Covid-19 yang harus di sosialisasikan kepada masyarakat secara masif.

“Setelah ini kita akan laksanakan kegiatan secara serentak untuk pendisiplinan protokol kesehatan,” ujarnya

Selanjutnya Kapolda mengatakan, mengenai kesiapan Pilkada serentak 2020, juga membahas tentang kerawanan munculnya klaster baru. Sehingga untuk mengantisipasi ini diperlukannya kerja keras agar pelaksanaan pesta demokrasi dapat berjalan lancar dan sukses di Kalimantan Barat. (Suluh)

Komentar