Ratsus Pasukan Marinir 3 Berhasil Kuasai Pelabuhan Arar

Jurnalpatrolinews – Sorong : Prajurit Pasukan MarinirĀ  3 (Pasmar 3) yang dipimpin oleh Komandan Pasukan Pendarat (Danpasrat) Mayor Mar Alberto S.P Nainggolan berhasil merebut dan menduduki daerah yang telah dikuasai oleh musuh, dalamĀ  pelaksanaan latihan Pendaratan Khusus (Ratsus) yang terangkum dalam Latihan Satuan Lanjutan (LSL) I Pasmar 3 tahun 2020 di Pelabuhan Arar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kab. Sorong, Papua Barat. Senin (10/08/2020).

Pada waktu yang bersamaan denganĀ  3 titik sasaran yang berbeda prajurit Korps Marinir Pasmar 3 melaksanakan Ratsus di Perairan Arar KEK Kabupaten Sorong menggunakan KRI Teluk Lada ā€“ 521, Ratsus diawali dengan renang rintis oleh prajurit Regu Pandu Tempur (Rupanpur) sampai kebibir pantai pelabuhan Arar dan memberikan tanda taktis berupaĀ  isyarat lampu, kemudian memandu satu persatu Perahu Karet (PK) membentuk parimeter pantai, dengan bergerak kerahasiaan yang sangat tinggi, kemudian kompi Ratsus menyelesaikan sasaran.

Sebelum Tankfib dan Ranratfib menumbur pantai, kompi Ratsus melaksanakan konsolidasi dan mengamankan tumpuan pantai terlebih dahulu. Usai Tankfib dan Ranratfib menumbur pantai dilanjut dengan Serbuan Mekanis (Bunis) kemudian melaksanakan Kerjasama Infanteri Tank (KSIT) gerakan taktisĀ  menyelesaikan dan menduduki sasaran pokok.

Pada LSL I Pasmar 3 tahun 2020 ini disaksikan langsung oleh Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, Wadan Pasmar 3 Kolonel Mar Soeharijadi, S.E., para Asisten Danpasmar 3, para Dankolak dan Satlak Pasmar 3, Dandenma Pasmar 3, Wadandenintel Pasmar 3, dan Wadanyontaifib 3 Marinir.