Sepakat Tingkatkan Sinergitas! Polri-TNI AL : Perlu Latihan Bersama Amankan Perairan Indonesia

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menemui Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono di Mabes TNI AL , Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, 22 Maret 2021.

Dalam pertemuan itu, Polri-TNI AL sepakat untuk meningkatkan sinergitas soal keamanan dan penegakan hukum di perairan Indonesia.

“Sinergitas kerjasama di operasi utamanya marinir dan brimob, Lantamal dengan Polair,” ucap Sigit melalui keterangan tertulis.

Menurut Kapolri Sigit satu hal yang ia bahas bersama KSAL adalah maraknya kejahatan tindak pidana narkoba yang diselundupkan melalui jalur laut. Sigit menilai, penanganan kasus kejahatan di perairan perlu ada penguatan sinergitas di tingkat bawah hingga atas.

Mengingat saat ini banyak jalur perairan dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan, oleh sebab itu, Sigit menyebut perlu adanya pembahasan soal dilakukannya pelatihan bersama antara personel Polri dan TNI AL dalam mengamankan perairan Indonesia.

“Bagaimana ada kegiatan pelatihan bersama ada integrasi di tingkat pelaksana. Minimal pernah ada pelatihan bersama,” kata Sigit.

Menanggapi Sigit, Yudo menyetujui adanya peningkatan sinergitas antara TNI AL-Polri dalam memberangus kejahatan.

“Kerjasama sinergitas AL dengan polisi terutama Polair. Kewenangan yang bukan AL diserahkan ke polisi. Hal seperti ini dikembangkan dan di tingkatkan dalam sinergitas,” ucap Yudo.

(*/lk)

Komentar