Trump Akan Menjadi Tuan Rumah Upacara Penandatanganan Kesepakatan Israel-UEA Pada 15 September

Jurnalpatrolinews – Washington : Presiden AS Donald Trump akan mengadakan upacara penandatanganan 15 September untuk terobosan perjanjian Timur Tengah yang menormalisasi hubungan antara Israel dan Uni Emirat Arab, kata seorang pejabat senior Gedung Putih pada hari Selasa.

Sebagai bagian dari kesepakatan, yang diumumkan di Gedung Putih pada 13 Agustus setelah apa yang dikatakan para pejabat adalah pembicaraan selama 18 bulan, negara Teluk itu menyetujui hubungan normal dengan Israel, sementara Israel setuju untuk melanjutkan rencana untuk menangguhkan pencaplokannya di Tepi Barat .

Pejabat senior Gedung Putih, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Luar Negeri UEA Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahyan, akan memimpin kedua delegasi ke upacara tersebut.

Trump dan pejabat pemerintahan lainnya mengatakan mereka mengharapkan Arab Saudi dan negara lain untuk mengikuti dalam mengakui Israel.

Iran telah menolak perjanjian itu, yang juga memperkuat penentangan terhadap Teheran, kekuatan regional yang dipandang oleh UEA, Israel, dan Amerika Serikat sebagai ancaman utama di Timur Tengah.

Kesepakatan itu gagal dari rencana perdamaian Timur Tengah yang besar untuk menyelesaikan konflik puluhan tahun antara Israel dan Palestina meskipun Trump berjanji untuk melakukannya dengan upaya yang dipimpin oleh penasihat Gedung Putih dan menantu Jared Kushner.

Trump mengusulkan rencana perdamaian pada bulan Januari yang sangat disukai Israel, tetapi belum berkembang secara signifikan.

Komentar