Victor Yeimo : Jakarta Kembali Putar Lagu Lama Berjudul ”Percepatan Pembangunan”

Jurnalpatrolinews – Jayapura : Jakarta kembali putar lagu lama berjudul” percepatan pembangunan” melalui Instruksi Presiden (inpres) No 9 tahun 2020. West papua sepenuhnya diambil alih Jakarta dibawah Wapres, Bappenas, yang dibantu Menteri- menteri BIN, TNI/POLRI. Artinya apa dan mengapa?

Artinya, Inpres sendiri bukti bahwa Jakarta sendiri menganggap kekuasaan Otsus hanya boneka hiasan, pajangan, atau mainan jakarta’, yang secara rasis orang papua dipandang tidak mampu, tidak pantas, tidak penting, tidak pantas berwenang atas dirinya sendiri. Memang begitu 20 thn orang papua dibuat taputar dalam ilusi otsus.

Artinya, walau jakarta tahu UU Otsus dan Inpres itu saling tumpang tindih, jakarta tidak peduli’, yg jakarta butuh bagaimana West papua dikuasai sepenuhnya oleh jakarta demi ekspolitasi besar- besaran terutama setelah kepastian liberalisasi (Omnibus Law, UU Minerba) yang menjamin investor kepung tanah air West papua.

Artinnya, selain motif ekonomi segelintir oligarki( kapitalis birokrat) diatas, jakarta punya politik kolonialisme untuk memantapkan ekspansi kekuasaan militeristik di teritorial West papua yang akan dimekarkan menjadi 5 provinsi’, untuk mempermudah dan mengamankan akses modal kapitalis.

Artinya, Inpres, Revisi Otsus dan Pemekaran ini satu paket politik kolonial dan kapitalis. Lebih buruk dari desentralisasi kekuasaan di provinsi lain. Karena Inpres Jakarta mengambil kewenangan sepenuhnya atas West papua, membuka akses modal lewat pemekaran, diamankan dengan kebijakan militerisasi besar- besaran, lalu menipu orang papua dan Dunia dengan Status Otsus.

Ini semua dilakukan Jakarta sebagai respon atas perjuangan kemerdekaan bangsa Papua yang tiada henti’, yang tidak terbendung dengan Otsus maupun segala tawaran kebijakan kolonial Indonesia berjudul ” Percepat Pembangunan”.

Tugas pokok rakyat West Papua adalah menolak semua paket politik ekonomi kolonial indonesia di West papua, dan menyatakan kepada dunia bahwa konflik penentuan nasib sendiri tidak dapat diselesaikan dengan Otsus, Inpress, Pemekaran, dan segala macam kebijakan berjudul ” Percepatan pembangunan di West papua.

Bahwa kemerdekaan West papua adalah Solusi!  (Victor Yeimo, Juru Bicara Internasional Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat)  (suarameepago)

Komentar